Sukses

Batik Semarangan, Kerajinan Khas Kota Semarang

Selain Pekalongan, Yogyakarta dan Solo, ternyata Kota Semarang juga memiliki kerajinan batik yang tidak kalah bagusnya. Kerajinan batik ini diberi nama " Batik Semarangan."

Citizen6, Semarang: Indonesia adalah negara yang terkenal dengan nilai seni dan budayanya. Salah satunya adalah budaya batik. Batik merupakan warisan berharga bagi bangsa Indonesia. Motif batik tidak hanya mengeluarkan kesan anggun bagi pemakainya, namun dalam setiap lembar guratan motifnya memiliki makna tersendiri.

Jika mendengar batik, maka pastinya, telinga kita tidak asing lagi mendengar tentang kerajinan batik yang ada di Kota Pekalongan, Yogjakarta dan Solo. Namun ternyata, kerajinan batik yang tidak kalah bagusnya juga ada di kota Semarang.

Kerajinan batik di Kota Semarang ini dikenal dengan sebutan Batik Semarangan." Batik ini menawarkan ciri khas yang kalem namun elegan, dan yang paling khas terdapat pada coraknya yaitu adanya pohon asam dan tugu muda di setiap goresan dari corak batik tersebut. Corak ini sengaja dibuat untuk memamerkan identitas dari kota Semarang.
 
Kerajinan Batik Semarangan ini mulai berkembang kembali sejak 2006. Kemudian dibuatlah sebuah tempat yang dinamakan "Kampung Batik" , sebagai upaya untuk mengangkat nama Batik Semarangan itu sendiri. Banyak partisipasi dari masyarakat untuk ikut guyub membuat kerajinan Batik Semarangan ini. Salah satu pusat kerajinan Batik Semarangan ini dapat ditemukan di Jalan Batik Malang No.673, Kecamatan Semarang Timur.
 
Bagi Anda penyuka batik, kampung batik ini menyediakan akses untuk belajar membuat batik sesuai dengan corak yang kita inginkan. Pembuatan kerajinan batik ini juga dipandu oleh para perajin yang profesional, sehingga orang-orang yang belajar dalam pembuatan batik ini diharapkan nantinya bisa menjadikan kerajinan ini sebagai keahlian tambahan. Biaya yang ditawarkan untuk sekali mengikuti kegiatan membuat batik ini relatif murah, hanya 20 ribu saja per orang. 
 
Namun bagi Anda yang langsung ingin mengenakannya, Anda bisa memilih beragam Batik Semarangan sesuai selera dengan harga yang sangat terjangkau. Misalnya batik cap dijual dengan harga 75 ribu hingga 125 ribu per potong. Sedangkan batik tulis sekitar 300 ribu per potong.

Perlu diketahui juga batik semarangan tidak hanya menyajikan batik dalam bentuk baju atau celana saja, perajin batik semarangan ini juga mengemas kerajinan batiknya dalam bentu tas yang dijual dengan harga 75 ribu per unit, dan dompet dengan harga 50 ribu per unit.

Jadi jangan lupa, jika Anda sedang berwisata ke Kota Semarang, langsung saja kunjungi kampung batik ini, dan jadikan batik oleh-oleh bagi orang-orang terkasih. (Pengirim: Astuti Dwi)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.