Sukses

Trites, Makanan Unik Khas Karo

Trites atau pagit-pagit berarti pahit. Makanan ini berbentuk sup dengan kuah berwarna cokelat. Bahan utamanya rumput isi perut besar sapi yang belum dicerna.

Liputan6.com, Medan: Di Medan, Sumatra Utara, ada sebuah kuliner unik khas suku Karo bernama Trites. Trites atau pagit-pagit berarti pahit. Makanan ini berbentuk sup dengan kuah berwarna cokelat. Bahan utamanya rumput isi perut besar sapi yang belum dicerna.

Banyak orang yang beranggapan makanan ini berasal dari kotoran sapi. Tapi, isi perut yang dimaksud bukanlah kotoran (rumput) yang berasal dari usus besar atau dalam istilah biologi disebut reticulum, melainkan dari perut besar sapi dan belumlah menjadi kotoran.

Untuk mengurangi bau dan rasa pahit dari Trites, penjual biasanya menambahkan bumbu, seperti rimbang serta sayur-sayuran. "Trites bisa mengobati maag atau melancarkan sistem pencernaan," ujar Retmawati, pemilik warung 669 di Jalan Jamin Ginting Medan, Kamis (5/4).

Panganan ini di Tanah Karo biasanya disediakan untuk acara-acara besar, seperti kerja tahun (panen), mangket (rumah baru), dan acara khusus lainnya. Meski terkesan geli saat mendengar proses pembuatannya, panganan ini ternyata mengandung nutrisi dan bergizi tinggi.

Menurut Retmawati, makanan ini tak hanya diburu oleh orang Karo, namun juga komunitas suku Jawa dan Batak. Mereka sangat suka dengan kuliner yang satu ini.(Kelompok 12 SGTC Medan)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini