Sukses

Penyandang Disabilitas Berekreasi ke Ancol

Rombongan penyandang disabilitas mengunjungi Ancol, Sabtu (14/4). Melalui kegiatan yang akan diselenggarakan secara rutin tiap bulan ini, diharapkan masyarakat akan lebih peduli terhadap penyandang disabilitas.

Citizen6, Ancol: Rombongan penyandang disabilitas berwisata mengunjungi Ancol. Kelompok yang terdiri dari penderita tunanetra, tunarungu, tunagrahita, dan pengguna kursi roda tersebut, berangkat bersama-sama menggunakan bus Trans Jakarta dari halte Kampung Melayu menuju Beach Pool, Ancol, , Sabtu (14/4). Kegiatan bertajuk Barrier Free Tourism (BFT) ini diselenggarakan secara swadaya oleh kelompok-kelompok penyandang disabilitas. 
 
Tujuannya kegitan wisata adalah untuk mengedukasi masyarakat umum serta petugas busway dan petugas taman wisata Ancol, tentang bagaimana berinteraksi dengan penyandang disabilitas. Meski dengan segala keterbatasan fisik yang mereka miliki, para penyandang disabilitas ini sangat menikmati acara wisata itu. Keceriaan tampak pada wajah-wajah mereka, diselingi canda tawa hingga meramaikan suasana.
Sebelumnya, BFT telah diadakan pada Maret 2012 lalu. Jalur yang dipilih saat itu adalah halte busway Pasar Festival menuju Monas. Kali ini, penyandang disabilitas memilih Ancol yang merupakan objek wisata favorit di wilayah Jakarta. Melalui kegiatan yang akan diselenggarakan secara rutin tiap bulan ini, diharapkan masyarakat akan lebih peduli terhadap penyandang disabilitas. 
 
Dengan demikian, akan tumbuh kesadaran dalam diri masyarakat, bahwa kaum disabilitas juga gemar berwisata seperti masyarakat pada umumnya. Selain itu, dengan kunjungan BFT kali ini, diharapkan agar pengelola tempat-tempat wisata dapat lebih memperhatikan kenyamanan dan aksesibilitas bagi setiap pengunjung, termasuk penyandang disabilitas. (Pengirim: Ramadhani Ray)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.