Sukses

Warga Mangir Swadaya Perbaiki Jalan

Risih karena jalan desa yang dilaluinya tiap hari rusak berat, Warga Dusun Mangir RW IV, Desa Nolokerto, Kaliwungu berinisiatif memperbaiki sendiri wahana transportasi tersebut dengan jalan gotong royong pada, Minggu (22/4).

Citizen6, Kendal: Risih karena jalan desa yang dilaluinya tiap hari rusak berat, Warga Dusun Mangir RW IV, Desa Nolokerto Kaliwungu, Kendal, Jawa Tengah, berinisiatif memperbaiki sendiri wahana transportasi tersebut dengan jalan gotong royong pada, Minggu (22/4).

Dengan menggunakan peralatan seadanya, seperti alat pengecor jalan berupa Mollen, ember dan alat angkut sederhana, puluhan kepala keluarga giat mengangkut material penambal jalan berlubang seperti adonan pasir, semen dan batu kerikil yang telah diaduk dalam molen. Sementara warga yang lainnya meratakan adonan pengeras jalan tersebut kedalam lubang yang banyak terdapat di sepanjang kampung mereka.

Ketua RW 4 Dusun Mangir, M Halim mengatakan bahwa, proyek tersebut meliputi pemasangan senderan dan Beton U yang digunakan untuk saluran air dan pengecoran jalan sepanjang 400 x 3 meter. "Adapun dana, pada saat awal kami mulai proyek ini menggunakan kas RW yang hanya berjumlah sekitar Rp90 ribu rupiah. Namun seiring perkembangan, kami menganggarkan sekitar Rp150 juta. Dana ini murni dari swadaya masyarakat dibantu dari kompensasi jalan yang dilewati perusahaan yang melewati jalan desa kami, serta dana PNPM sekitar Rp25 juta," tutur Halim yang juga merupakan anggota Provost Kodim 0715/Kendal.

Ketika ditanya mengenai tujuan proyek swadaya masyarakat tersebut, Halim mengatakan pembangunan itu untuk memperlancar arus transportasi dan roda perekonomian. Hal ini dikarenakan jalan itu merupakan jalur utama yang sering dilalui oleh warga untuk pergi ke Pasar dan tempat lain. "Selain itu juga dengan jalan yang bagus diharapkan warga tak lagi terserang gangguan pernapasan akibat debu yang beterbangan seperti saat jalan masih rusak dulu," paparnya. (Pengirim: Aryo Widiyanto)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini