Sukses

Ramadan Edukatif SMPN 1 Muntilan

Di HUT Kemerdekaan ke-67 RI yang bertepatan dengan Ramadan, siswa-siswi SMPN 1 Muntilan, Magelang, mengisi kegiatan bernuansa kebangsaan dalam bingkai Ramadan.

Citizen6, Magelang: Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa para pahlawannya. Demikian halnya yang dilakukan oleh putra-putri bangsa di SMP Negeri 1 Muntilan Kabupaten Magelang. Di hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia (HUT RI) yang ke-67, bertepatan dengan bulan Ramadan 1433 H diisi dengan rangkaian kegiatan yang bernuansa kebangsaan dalam bingkai Ramadan.

Rangkaian kegiatan Ramadan cukup terasa di SMP Negeri 1 Muntilan Kabupaten Magelang. Setiap pagi sebelum pembelajaran efektif dimulai, dilakukan tadarus bersama di setiap kelas. Lewat alunan aya-ayat suci Al-Quran yang diperdengarkan setiap pagi memberikan semangat  belajar dan menuntut ilmu bagi para siswanya.

Kegiatan tadarus ini didampingi oleh guru mata pelajaran jam pertama yang mengajar di setiap kelas. Tidak hanya sebatas itu saja, geliat rohani pun nampak ketika jam istirahat pertama. Dimana para siswa dengan tertib mengambil air wudhu untuk menunaikan ibadah shalat dhuha. Suasana hangat nan islami layaknya pesantren nampak jelas di sekolah ini. Hal ini di karenakan para Dewan guru dan seluruh stakeholder sekolah bersatu padu menciptakan Ramadan yang berkualitas sebagai bulan peningkatan prestasi baik akademik maupun spiritual.

Selain rutinitas tadarus pagi dan shalat dhuha, ada pula kegiatan-kegiatan lomba keagamaan yang dilaksanakan secara berkala selama tiga minggu di sekolah selama bulan Ramadan. Kegiatan lomba keagamaan tersebut diantaranya Lomba Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) baik tartil maupun tilawah antar kelas, lomba sastra islami Ramadan berupa cerpen, puisi, dan geguritan, lomba seni islami mading kelas dan kaligrrafi, lomba adzan, serta Pemilihan Dai Cilik sekolah (Pildacil).

“Kegiatan perlombaan Ramadan ini dilakukan siang hari setelah pembelajaran efektif, sehingga tidak mengganggu kegiatan belajar mengajar. Selain itu kegiatan ini juga dilakukan untuk menelusuri minat dan bakat para siswa untuk kemudian disalurkan pada kompetisi yang lain, seperti MAKSI.” Demikian disampaikan Ibu Ngaisatun, selaku Sekretariat dan Bidang (Sekbid) Keagaaman SMP Negeri 1Muntilan.

Ramadan edukatif dan prestatif yang diusung SMP Negeri 1 Muntilan bekerjasama dengan Tim Kerja Kuliah Kerja Nyata Program Pengalaman Lapangan (KKN PPL) Universitas Negeri Yogyakarta. Pelaksanaan teknis kegiatan Ramadan sekaligus peringatan HUT RI sepenuhnya merupakan kolaborasi antara sekolah dan Tim KKN-PPL UNY.

“Untuk konsep acara dan teknis pelaksanaan lomba dilakukan oleh Tim KKN-PPL UNY yang telah melakukan kegiatan sejak 1 Juli yang lalu, dan Insya Allah akan berakhir 16 September yang akan datang.  Disini kami bertindak sebagai fasilitator dan konseptor kegiatan. Untuk kepentingan administrasi dan pendekatan kelembagaan sepenuhnya didukung penuh pihak SMP Negeri 1 Muntilan,” terang Ary Gunawan, Ketua Tim KKN-PPL UNY. 

Sebagai acara puncak kegiatan Ramadan akan dilakukan Grand Final Lomba Keagamaan pada Sabtu (11/8),  yang dilanjutkan dengan Malam Bina Iman dan Taqwa (MABIT) untuk siswa kelas IX lalu dirangkai dengan kajian dan Spiritual Building Training (SBT) melibatkan trainer yang berpengalaman di bidangnya.

“Semoga kegiatan ini bermanfaat dan dapat melahirkan generasi Islam yang cerdas dalam kehidupan ikhlas, dan dalam pengabdian serta berwawasan global sesuai dengan Visi SMP Negeri 1 Muntilan. Amin,” ujar Ngaisatun, selaku Sekbid Keagaaman SMP Negeri 1Muntilan.
(Ary Gunawan).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.