Sukses

SD Juara Ketuk 1000 Pintu Bantu Rohingya

Banyaknya berita yang dimuat di media nasional dan internasional tentang penderitaan muslim Rohingya, Myanmar, siswa SD Juara Cimahi menggelar penggalangan dana bagi saudara mereka di Rohingya.

Citizen6, Cimahi: Berangkat dari banyaknya berita yang dimuat di beberapa media nasional dan internasional yang gencar menceritakan tentang penderitaan muslim Rohingya, Myanmar membuat siswa SD Juara Cimahi menggelar penggalangan dana bagi sesama saudara di Rohingya, Rabu (1/8).

Kegiatan bertajuk “Ketuk 1000 Pintu Untuk Bantu Rohingya, Myanmar” ini diikuti oleh 150 siswa dan para guru di kampus SD Juara Cimahi dan lingkungan sekitar sekolah di Melong Cimahi Selatan. Dengan membawa kotak “Koin for Rohingya”  yang dibuat dari kotak susu bekas, kaleng, sarung, dan lainnya, para siswa berkeliling di lingkungan rumahnya masing-masing untuk menggalang dana bagi saudara mereka di Rohingya. Banyak warga sekitar yang turut bersimpati untuk ikut berdonasi, namun ada juga warga yang masih belum tahu siapa muslim Rohingya itu.
 
Ketidaktahuan sebagian warga tersebut membuat  siswa kelas 5 SD Juara yang bernama Ihsan mencoba menjelaskannya. "Muslim Rohingya adalah saudara kita bu di Myanmar, mari bantu mereka yang sekarang sedang kesusahan," ungkapnya. Setelah mendengarkan penjelasan tersebut, ada warga yang langsung buru-buru mendonasikan sebagian rezekinya. Hasil pengumpulan dana lalu dikumpulkan, dan kemudian disatukan dengan dana yang telah terkumpul dari penggalangan dana di sekolah para siswa dan guru.
 
Acara ini semakin menarik dengan adanya penjelasan singkat tentang keadaan terkini dari Muslim Rohingya oleh Guru SD Juara Cimahi. Setelah itu Kegiatan dilanjutkan dengan pembacaan puisi "Untuk Muslim Rohingya” oleh Hasna dan siswa kelas 6 SD Juara Cimahi lainnya. Kemudian acara dilanjutkan dengan mendengarkan kesan-kesan para siswa dalam mengikuti kegiatan "Mengetuk 1000 Pintu” untuk Rohingya. Setelah itu para siswa SD Juara melakukan doa bersama untuk muslim Rohingya, dan membubuhkan tanda tangan serta kata-kata dukungan kepada muslim Rohingya di atas kain spanduk berukuran 1m x 1m.
 
Dari aksi ini terkumpul dana lebih dari dua juta rupiah, yang merupakan donasi dari para siswa, guru, serta para warga yang bersimpatik terhadap muslim Rohingya. Hasil sumbangan selanjutnya akan disalurkan kepada lembaga yang dapat meneruskannya ke Rohingya seperti Rumah Zakat dan Aksi Cepat Tanggap (ACT).
 
Salah satu siswa kelas 6 yang bernama Iqbal menuturkan bahwa ia awalnya malu berkeliling mengumpulkan dana untuk Rohingya. Namun setelah melihat respon yang baik dari lingkungan sekitar, ia menyatakan senang bisa membantu muslim di Rohingya. "Saya tidak tega pak melihat mereka kesusahan," katanya.

Kepala SD Juara Cimahi, Ivan Supangat mengungkapkan, "Berapapun besarnya sumbangan yang diberikan, semoga lewat kegiatan ini bisa mendorong empati para siswa sejak dini terhadap saudara mereka yang membutuhkan bantuan walaupun berbeda negara."  (Muhammad Hanief).
 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini