Danau Silalahi Mutiara Yang Terlupakan

  • Lancong
  • 0
  • 04 Sep 2012 21:20
Citizen6, Medan: Hawa dingin langsung menusuk tulang ketika pengunjung yang menggunakan sepeda motor mengitari jalanan sepi menuju Danau Silalahi. Ditengah pepohonan yang menjulang dan jalanan yang sepi, sesekali terlihat dua atau tiga kera melompat ke tepi jalan. Selain itu pengunjung juga disuguhkan dengan pemandangan bentangan Danau Toba yang membiru.

Danau Silalahi terletak di Desa Silalahi, Kecamatan Silahi Sabungan, Kabupaten Dairi, Sumatera Utara, merupakan pinggiran Danau Toba yang lebih sering disebut dengan Tao Silalahi (Danau Silalahi). Danau ini menyimpan keindahan dan eksotisme yang luar biasa. Hamparan pantai yang indah, tata pepohonan yang sangat alami ditambah cerita khas Legenda Batak yang tersimpan di setiap desa semakin menambah eksotisme tempat ini. Hamparan pantai indah yang terbentang di sepanjang sisi pantai Danau Silalahi diperkirakan mencapai 28 Km. Dan belum lama ini diketahui juga bahwa di Danau Silalahi terdapat palung terdalam di dunia dengan kedalaman 905 meter.

Pesona lain yang dimiliki Danau Silalahi, setiap tahunnya antara Juni hingga Juli adalah ombak di danau yang bisa mencapai ketinggian 60-70 meter akibat tiupan angin kencang. Pengunjung juga dapat menyaksikan banyaknya Ikan Pora-pora yang berenang bagaikan pasir. Selain Ikan pora-pora yang menjadi primadona, di danau ini juga terdapat berbagai ikan air tawar seperti Mujair dan ikan Mas.

Sayang objek wisata ini masih jauh dari infrastruktur yang memadai, seperti akses menuju pantai yang masih sulit dan promosi yang masih minim. Hal ini disebabkan karena kurangnya perhatian pemerintah setempat dalam pengembangan pesona alam yang dimiliki oleh Danau Silalahi. Selain itu masih banyak penduduk setempat yang belum mengetahui objek wisata ini, apabila ini terus dibiarkan maka "Rahasia Alam" yang terkandung di dalamnya hanya akan menjadi "Mutiara yang Terpendam".

Padahal dengan upaya pengembangan objek wisata di sekitar tempat tersebut seyogyanya mampu menambah pundi-pundi Anggrapan Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten. Semoga saja "Mutiara yang Terpendam" di Danau dan Desa Silalahi mendapat perhatian dari pemerintah kabupaten dan provinsi sehingga akan menambah daftar pilihan objek wisata di negeri ini.

Bagi anda yang suka berwisata ke tempat-tempat dengan pemandangan yang menakjubkan, romantis, eksotis, dengan lingkungan yang tidak terlalu ramai di datangi oleh pengunjung, Danau Silalahi mungkin bisa menjadi salah satu pilihan dan agenda wisata perjalanan anda. (Sotard Dodo Manalu).


Comments 0
Sign in to post a comment