Sukses

Berlatih Drumband Tingkatkan Kreatifitas Siswa

Siswa Sekolah Dasar Negeri (SDN) 1 Rajabasa, Kota Guring, Kecamatan Kalianda, Lampung Selatan aktif dalam kegiatan ekstrakurikuler Drumband. Kegiatan yang dilakukan dua kali dalam seminggu ini menjadikan siswa pandai drumband.

Citizen6, Lampung Selatan: Sebagai bentuk penyegaran, siswa Sekolah Dasar Negeri (SDN) 1 Rajabasa, Kota Guring, Kecamatan Kalianda, Lampung Selatan aktif dalam kegiatan ekstrakurikuler Drumband. Kegiatan yang dilakukan dua kali dalam seminggu ini menjadikan siswa pandai drumband. 

Sukarni, Kepala SDN 1 Guring mengatakan bahwa kegiatan ekstrakulikuler drumband ini sangat membantu kreatifitas bagi siswa didiknya. Sebab pelatihan seperti ini tidak diterapkan pada kegiatan belajar umum, melainkan ektra diluar sekolah. Dalam melaksanakan latihannya di lingkungan sekolah, sebagai motivasi pada anak-anak, drumband ini nantinya akan mengikuti lomba drumband se-Kabupaten Lampung Selatan. “Adanya kegiatan ekstrakulikuler seperti ini, tentunya bisa memicu semangat dan menggali potensi pada diri anak itu juga. Selain mendapatan ilmu, wawasan, siswa juga menjalin komunikasi yang baik antar sesama pelajar,” jelasnya. 

Drumband merupakan kegiatan Ekstrakurikuler dan masih dianggap spesial di sekolah-sekolah yang ada di Kabupaten Lampung Selatan. Para instruktur juga sering mengadakan latihan bersama dengan kecamatan-kecamatan lain, seperti latihan bersama dengan SDN yang ada di Kecamatan Sidomulyo dan di  Kecamatan Penengahan.

“Jumlah siswa yang mengikuti latihan Drumband di SDN 1 Kota Guring ini berjumlah 50 siswa, yang terdiri dari kelas 3 sampai kelas 6. Akan tetapi peralatan Drumband ini masih banyak kekurangan peralatan. Saat ini peralatan Drumband yang dimiliki sekolah hanya terdiri dari Senar 9 buah, Tenor 6 buah, Bas 3 buah, Syimbal 2 buah, Mayoret 3 buah, Marching Bellira 4 buah dan Pianika 16 buah,” jelasnya. Sedangkan untuk peralatan yang belum ada, Sukarni menambahkan sekolahnya masih
kekurangan Trio dan Colour Guard.

Dengan kekurangan peralatan tersebut, Ia berharap kepada pemerintah setempat agar membantu menyediakan peralatan yang masih kurang. “Drumband yang ada di SDN 1 Kota Guring ini masih seumur jagung. Akan tetapi dengan semangat dan dukungan dari pihak sekolah Drumband ini pernah mengikuti pawai MTQ yang dilaksanakan di Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan baru-baru ini,” jelasnya. (Agus Setiawan).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.