Warga Kabupaten Pati Belum Bebas Pasung

on Oct 28, 2012 at 12:55 WIB

Citizen6, Pati: Kasus pemasungan penderita sakit ingatan di Kabupaten Pati, Jawa Tengah belum bisa tuntas hingga akhir 2012 seperti harapan pemerintah daerah setempat. Hal ini diungkapkan oleh Dr.Daru Kartika, Kasie Kesehatan Khusus Dinas Kesehatan (K3-Dinkes) Kabupaten Pati pada, Jumat (26/10).

Menurut Daru Kartika, jumlah penderita sakit jiwa pada 2012 ini adalah 1.578 orang yang tersebar dipelosok daerah Pati. Sebagian diantaranya dipasung keluarganya karena berbagai alasan, misalnya takut mereka berkeliaran dan mengamuk serta mengganggu keluarga maupun orang lain. Sementara pemasungan itu sendiri telah dilarang, karena tidak sesuai azas kemanusiaan.

Program bebas pasung pasien sakit jiwa tahun ini digalakkan K3-Dinkes Pati dengan memba- wa penderita kerumah sakit jiwa agar mendapat pengobatan selayaknya. Lewat upaya itu diharapkan daerah Pati dalam waktu dekat tak ada warga sakit jiwa dipasung. Hasil observasi menunjukkan, sebagian besar orang menderita sakit jiwa akibat tekanan ekonomi. (Heru Christiyono)
Suka artikel ini?

0 Comments