Sukses

Rumah Zakat Gelar Pelatihan Pijat Bayi

Memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) 2012, Rumah Zakat mengadakan Pelatihan Pijat Bayi bagi warga Rumah Susun Cilincing, RW 10, Cilincing, Jakarta Utara, Kamis (8/10).

Citizen6, Jakarta: Dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) 2012, Rumah Zakat mengadakan berbagai kegiatan, salah satunya Pelatihan Pijat Bayi bagi warga Rumah Susun Cilincing, RW 10, Cilincing, Jakarta Utara, Kamis (8/10). Kegiatan bertema Indonesia Sehat: Ibu Selamat Anak Sehat, Ibu Cerdas Anak Pintar ini diikuti oleh 500 penerima manfaat (PM) yang terdiri dari balita, ibu hamil/menyusui, dan masyarakat sekitar Cilincing.

Selain pelatihan pijat bayi, acara juga diramaikan dengan kegiatan lainnya seperti senam jantung sehat, pemeriksaan USG dan pemberian makanan tambahan (PMT) untuk Ibu Hamil, PMT untuk balita, lomba membuat camilan makanan sehat untuk balita, lomba mewarnai dengan tema kesehatan oleh anak-anak PAUD, serta pemeriksaan gula darah dan tensi darah.

Branch Manager Rumah Bersalin Sehat Keluarga (RBSK ) Rumah Zakat Cabang Jakarta Timur, Dwi Laksmi Savitri, mengatakan rangkaian kegiatan Peringatan HKN 2012 ini bertujuan untuk menumbuhkan kesadaran dan kepedulian masyarakat tentang pentingnya Pola Hidup Sehat di dalam Keluarga dalam rangka meningkatkan derajat kesehatan ibu dan anak.

“Melalui kegiatan-kegiatan yang kita laksanakan ini, harapannya para ibu termotivasi untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilannya dalam hal  kesehatan anaknya. Terutama yang berhubungan dengan tumbuh kembang anak,” kata Laksmi.

Laksmi juga menambahkan bahwa pelatihan pijat bayi dilakukan untuk melatih kemandirian para ibu agar dapat melakukan pemijatan, mempererat jalinan kasih ibu dan bayi, serta meningkatkan kebahagian sang bayi. Sementara lomba membuat cemilan makanan sehat balita dilakukan untuk mengajak para ibu membuat makanan sehat untuk buah hatinya.

“Dengan membiasakan membuat  cemilan makanan sehat sendiri di rumah, kita berharap anak-anak akan lebih terjamin gizinya dengan olahan makanan sehat yang di buat oleh ibunya di rumah,” tambahnya.

Rangkaian kegiatan yang dilakukan Rumah Zakat hari ini merupakan bagian dari upaya untuk turut membantu pemerintah dalam pencapaian target MDG’s dalam bidang kesehatan. Selain itu juga dalam rangka mencapai visi “Indonesia Sehat 2025” yang ditandai dengan meningkatnya kesadaran, kemauan dan kemampuan hidup sehat setiap warga negara Indonesia. (Muhammad Hanief).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.