Es Kuwud Khas Bali yang Tersohor di Semarang

on

Citizen6, Semarang: Disaat musim kemarau seperti ini, suhu di Semarang bisa mencapai 36 C. Salah satu cara paling ampuh untuk menghadapi suhu udara yang ekstrem ini adalah mengkonsumsi minuman yang segar di siang hari.
 
Es Kuwud, bisa menjadi salah satu pilihan untuk melepaskan dahaga. Minuman ini terbuat dari bahan-bahan yang menyegarkan seperti air kelapa, daging kelapa tua, buah melon, selasih, dan perasan jeruk nipis yang menambah kenikmatannya bila dikonsumsi saat matahari sedang terik-teriknya. 
 
Walaupun Es Kuwud ini aslinya berasal dari Bali, namun minuman ini dapat dengan mudah ditemukan di pinggiran jalan kota Semarang. Salah satunya di Jalan Ki Mangun Sarkoro, dimana Es Kuwud Mbah Tumman menjadi salah satu favorit warga sekitar dari berbagai kalangan. Kesegaran Es ini bisa didapatkan hanya dengan harga Rp 2.000. Sedangkan gorengan seperti martabak dan badak atau yang lebih dikenal dengan bakwan khas semarang bisa dijadikan sebagai pilihan makanan pendamping yang satuannya hanya Rp 500.
 
Yang menarik dari Es Kuwud Mbah Tumman asal Semarang ini adalah menggunakan gula aren, bukan gula putih seperti yang digunakan dalam minuman Es Kuwud pada umumnya. Segarnya air kelapa, dan sensasi asam yang ditimbulkan oleh perasan jeruk nipis menyatu dengan perpaduan gula aren yang manis. Ditambah dengan tekstur kelapa dan melon serta biji selasih semakin menambah kenikmatan segalas Es Kuwud yang murah meriah.
 
Bagi anda yang ingin berwisata ke Kota Semarang, jangan lewatkan kesegaran segelas Es Kuwud yang dapat menjadi pilihan yang tepat sehabis melakukan aktivitas di bawah sinar matahari. (Iman Adi Perkasa Adhityo).
 
Suka artikel ini?

0 Comments