Sukses

Naik Motor Trail, Bupati Simalungun Turun Kelapangan

Bupati Simalungung, Jr Saragih terjun langsung bersama beberapa kepala Dinas dengan mengendarai sepeda motor Trail.

Citizen6, Simalungun:Untuk bertemu langsung dengan warga di pedalaman Kabupaten Simalungun ,sekaligus melihat langsung perkembangan pembukaan jalan arah Simpang Pangalabuan menuju Saran Padang, Bupati Simalungung Jr Saragih terjun langsung bersama beberapa kepala Dinas dengan mengendarai sepeda motor Trail.

Rombongan Bupati berangkat dari rumah dinas Bupati Simalungun di Pamatang Raya menuju Desa Saran Padang. Walaupun selama dalam perjalanan diterpa hujan, hal ini tidak mengurungkan niat bupati beserta rombongan untuk melanjutkan perjalanan. Dalam hal ini peninjauan langsung pembukaan jalan yang dimaksud dan sekaligus berinteraksi dengan masyarakat didesa-desa yang dilalui.


Adapun rute yang ditempuh bupati beserta rombongan diantaranya Simpang Pangalabuan, dilanjutkan ke Simpang Lokung. Lalu Silau Huluan, Rindung, Pagar Tongah, Marubun Dolok, Huta Saing, Saran Ganjang, dan terakhir di Hutan Saran Padang. Di hutan-hutan tersebut Bupati Simalungun menyempatkan diri untuk beramah-tamah untuk mengetahui kesulitan-kesulitan yang dialami masyarakat di sekitar jalan yang dilalui.

Salah seorang tokoh masyarakat di Hutan Saing, E Purba menuturkan bahwa pembukaan jalan ini merupakan mimpi indah bagi masyarakat, "Kami mengucapkan terima kasih kepada Bupati Simalungun yang akan menjadikan daerah ini menjadi jalan lintas Pamatang Raya menuju Medan," ujar E Purba.

Pembukaan jalan ini dilakukan lebih kurang 27 kilometer dengan lebar jalan direncanakan anggaran mencapai 12 miliar. Walaupun di beberapa daerah tertentu lebar jalan disesuaikan dengan kontur tanah. Selain itu akan dibangun juga beberapa jembatan dan box cuvert, menurunkan kemiringan jalan atau frase sehingga layak untuk dilalui. Adapun sumber dana untuk pembangunan jalan dan jembatan ini berasal dari APBD Kabupaten Simalungun TA 2012.

Bupati Simalungun menuturkan, selain mempersingkat jarak tempuh antara Medan-Pamatang Raya, pembukaan jalan ini juga akan mendorong masyarakat untuk memanfaatkan lahan tidur yang selama ini tidak dapat dimanfaatkan oleh karena akses jalan yang tidak ada. Sehingga nantinya akan meningkatkan pertanian agrikultur yang tentunya juga akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. "Karena tugas pemerintah adalah untuk mensejahterakan masyarakat," demikian tutur Bupati.

Turut serta dalam rombongan dengan mengendarai sepeda motor trail ini ,Kepala Dinas bina marga Ir Jhon Sabiden, kepala dinas Tarukim Topot Saragih, Kepala Dinas kesehatan dr Saberina MARS, serta SKPD dan camat. (Yan Asmara)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.