Sukses

Semakin Banyak 'Brand Local' Kreatif yang Bermunculan

Saat in sedang banyak berkembangan 'online shop' dan bahkan sudah sangat merajalela di Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya produk-produk yang di jual secara online. T

Citizen6: Saat in sedang banyak berkembangan 'online shop' dan bahkan sudah sangat merajalela di Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya produk-produk yang di jual secara online. Tidak hanya dalam bentuk website atau blog saja namun 'online shop' sudah mulai merambah ke akun-akun di facebook, twitter bahkan instragram. Namun terkadang barang yang dijual cenderung sama dan biasa, belum lagi banyak juga yang memilih menjual produk-produk luar negeri. Lebih parahnya lagi banyak juga yang menjual produk KW. Disaat inilah dibutuhkan para seller-seller kreatif untuk berwirausaha dengan menjual produk yang merupakan asli buatan dalam negeri. Tentu saja barang-barang yang dijual juga tidak kalah kualitasnya dengan produk luar negeri.

Sudah banyak yang sukses dengan brand local yang dibuatnya sendiri, seperti Diana Rikasari seorang fashion blogger dengan webstorenya www.iwearup.com yang dibuat pada 2010 lalu. Diana mengeluarkan produk sepatu dengan nama 'I WEAR UP ' yang diproduksi secara handmade sehingga mempunyai ciri yang khas dan berbeda. Ada juga Daniel Mananta dengan brandnya yang super nasionalis yaitu 'Damn! I Love Indonesia' sudah memiliki beberapa cabang di Jakarta, Surabaya dan Makassar. Kemudian 2012 ini baru
membuka webstorenya di www.damniloveindonesia.com.

Selain itu ada Peter Firmansyah dengan brand 'Peter Says Denim' yang sudah sangat terkenal sebagai produk jeans yang berkualitas internasional. Selain dalam kategori fashion, ada juga 'Ideku Handmade' yang membuat berbagai jenis kreasi yang lucu seperti bantal 'OWL' yang terkenal, boneka, tas, dan lain sebagainya.

Produk makanan juga sekarang makin beragam dan inovatif, ada 'Pop n Go' yang menjual cake pops yaitu kue dengan rasa bervariasi yang dibentuk kecil-kecil lalu ditusukkan pada stick. Cake pops ini bisa dibilang bentuknya mirip lollipop namun berupa kue. Cake Pops ini dapat dipesan bentuknya susuai keinginan pembeli di popngo.weebly.com.

Masih banyak brand local kreatif dan inovatif lainnya yang semakin terkenal seperti Mayonette, Wondershoe, Cotton Ink, Adorable Project Indonesia, Mr. Freddy, dan lainnya. Dengan semakin banyaknya brand local berkualitas yang muncul, diharapkan akan menjadikan produk Indonesia semakin dikenal. Dan juga masyarakat juga lebih sadar untuk mencintai produk dalam negeri. (Annuru Agaridza)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini