Sukses

Lezatnya Mie Ongklok Wonosobo

Mie ongklok adalah makanan khas Kabupaten Wonosobo berupa mie rebus yang dibuat dengan racikan khusus menggunakan kol, daun kucai, dan kuah yang disebut 'loh'.

Citizen6, Semarang: Ada yang tidak tahu Kabupaten Wonosobo? Kabupaten yang memiliki pesona alam yang indah ini sangat terkenal dengan dataran tinggi diengnya.

Namun belum lengkap rasanya kalau kita berkunjung ke Wonosobo tanpa mencicipi kuliner khas kota dataran tinggi ini. Salah satu kulinernya yang terkenal adalah Mie Ongklok. Mie ongklok adalah makanan khas Kabupaten Wonosobo berupa mie rebus yang dibuat dengan racikan khusus menggunakan kol, daun kucai, dan kuah yang disebut 'loh'.

Saat yang paling pas menikmati makanan ini ketika disajikan hangat bersama sate sapi, tempe kemul, serta keripik tahu. Mie dan kol yang di rebus dengan cara di kopyok, setelah masak mie dan kol beserta bumbunya ditaburi dengan bubur pathi (bubur kanji).

Mie ongklok merupakan kuliner andalan yang diburu oleh para wisatawan karena memiliki rasa yang khas. Wonosobo merupakan salah satu daerah dengan cuaca sejuk di Jawa Tengah, sehingga sangat cocok menyantap mie ongklok yang disajikan hangat dengan tambahan sate sapinya.

Menurut sejarah, penemu mie ongklok ini adalah Muhadi. Berawal dari berdagang mie, Muhadi tertarik membuka usaha sendiri dengan resep baru serta cita rasa yang khas. Usahanya pun tidak sia-sia, terbukti mie ongklok buatannya menjadi kuliner andalan di Wonosobo sampai saat ini. Jadi, jangan sampai melewatkan sensasi mie ongklok yang  lezat bila Anda berkunjung ke Wonosobo. (Karina Devi Utami)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini