Sukses

Kiat Menurunkan Berat Badan yang Sehat

Kebanyakan orang berfikir bagaiamana cara menurunkan berat badan yang hemat, cepat, sehat, dan tidak beresiko. Namun dibutuhkan kedisiplin dan keskonsistenan agar tujuan anda menurunkan berat badan dapat terwujud.

Citizen6: Kebanyakan orang berfikir bagaimana cara menurunkan berat badan yang hemat, cepat, sehat, dan tidak beresiko. Untuk menurunkan berat badan secara cepat, praktis, sehat sekaligus tidak beresiko adalah suatu hal yang mustahil karena suatu hal yang baik pasti perlu pengorbanan yang besar untuk mencapainya.

Jika anda adalah orang yang cukup kaya dan tidak takut kehabisan uang banyak hanya untuk menurunkan berat badan, mungkin anda boleh berfikir menurunkan berat badan lewat kegiatan kegiatan medis berupa sedot lemak, makan obat obatan, dan lain sebagainya. Tapi anda perlu ingat bahwa kegiatan yang anda lakukan hanyalah bersifat sementara. Hal ini dikarenakan perubahan tersebut hanya terjadi pada fisik bukan kebiasan atau rutinitas anda sehingga kemungkinan berat badan naik kembali sangat besar. Berikut adalah kiat-kiat menurunkan berat badan yang sehat dan dijamin keberhasilannya.

1. Tentukan Target

Setiap kegiatan perlu perencanaan agar tujuan dapat dicapai. Dalam hal ini kita perlu tahu berapa berat badan ideal kita yang nantinya akan kita jadikan target dalam melakukan kegiatan selanjutnya. Cara mengetahui berat badan ideal (target): Tinggi tubuh-110= berat ideal.

2. Redakan Lapar dan Nafsu Makan

Kebanyakan orang mengakui bahwa lapar dan nafsu makan jelas berbeda, namun prakteknya tidak demikian. Banyak orang yang makan hanya karena dorongan nafsu mereka saja yang berdampak menumpuknya lemak dalam tubuh mereka. Contoh: makan snack, coklat yang berlebihan dan lainnya.

Nafsu makan adalah hasrat untuk makan dikarenakan faktor indra berupa bau ataupun rasa. Biasanya nafsu makan ini nikmatnya hanya dari mulut sampai kerongkongan saja dan tidak memfikirkan dampak selanjutnya dari apa yang mereka makan. Sedangkan lapar adalah kondisi tubuh yang benar-benar membutuhkan makanan. 'Benar-benar' disini jangan disalahartikan dengan kelaparan karena lapar yang dimaksudkan adalah mengetahui kapan saatnya dan berhentinya makan.

3. Mengatur Pola Makan

Kegiatan ini jelas perlu karena dengan adanya pola atau aturan makan, kita dapat menentukan seberapa banyak kita perlu dan tidak perlu makan. Sebagian besar orang yang gagal menurunkan berat badan atau terlalu berlebihan menurunkan berat badan biasanya bermasalah dengan pola makan mereka baik dalam hal waktu, dan jumlah makanan yang  mereka konsumsi tiap harinya.

Sebaiknya agar tubuh tetap sehat, makan 3 kali sehari tetap jadi kebutuhan utama, namun porsi makan anda harus diperhatikan. Sebagai contoh, pagi hari sarapan dengan makanan makan yang mengandung karbohidrat tinggi namun tidak dalam porsi besar seperti roti gandum. Karena di pagi hari kita membutuhkan energi lebih dalam rutinitas yang padat.

Siang hari sebaiknya makan dengan makanan pokok karena kita membutuhkan penambah nutrisi yang lengkap setelah melakukan aktifitas padat. Malam hari mulailah untuk memakan makanan yang ringan dan tidak banyak mengandung karbohidrat dan lemak. Hal ini diakibatkan aktifitas dimalam hari jauh lebih sedikit dibanding aktifitas pagi dan siang hari sehingga pembakaran makanan di dalam tubuh juga mengalami penurunan.

4. Hindari Stress

Karena stress mengakibatkan meningkatnya tingkat keasaman dilambung yang menyebabkan penambahan pasokan makanan dan menimbulkan perasaan lapar pada tubuh kita.

5.Olahraga Teratur

Inilah kunci utama menurunkan berat badan anda. Tanpa olahraga yang teratur kiat-kiat diatas mustahil dapat menurunkan berat badan anda dengan cepat dan signifikan. Olahraga tidak hanya dapat dilakukan dengan kegiatan berat namun juga bisa dilakukan dengan kegiatan ringan seperti jogging, senam. Namun disarankan agar berat badan anda turun dengan signifikan maka harus berolahraga minimal 30 menit sehari dan konsisten untuk melakukannya. Karena jika tidak dilakukan secara teratur maka olahraga yang dilakukan tidak akan berpengaruh besar bagi penurunan berat badan anda.

Jika anda melakukan 5 kiat diatas maka keinginan anda untuk menurunkan berat badan anda dengan sehat akan menjadi kenyataan. Namun dibutuhkan kedisiplin dan keskonsistenan agar tujuan anda menurunkan berat badan dapat terwujud. Semoga kiat-kiat diatas dapat mengubah hidup anda lebih percaya diri, sehat, dan semangat dengan perubahan-perubahan yang didapatkan. (Fuad/YSH)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.