Sukses

Nikmatnya Kolak Durian Buatan Sepetek

Terletak di Kecamatan Boja, Kabupaten Kendal tepatnya di daerah Sepetek terdapat tempat yang menjual olahan dari buah durian yaitu kolak durian.

Citizen6, Boja: Buah yang satu ini akrab disapa dengan sebutan duren oleh mayoritas orang Indonesia. Memiliki nama latin Durio zibethinus, durian sangat populer di kalangan penyuka buah berbau tajam. Durian memang memiliki aroma yang dari jauh pun orang sudah bisa mengenali bahwa itu bau durian. Ternyata di Kecamatan Boja, Kabupaten Kendal tepatnya di daerah Sepetek terdapat tempat yang menjual olahan dari buah durian ini. Nampaknya ini merupakan angin segar bagi penikmat buah ini supaya mereka tidak terjebak dalam kebosanan ketika menyantap buah tersebut dengan bentuk yang itu-itu saja.

Kolak durian merupakan kuliner yang wajib dicicipi bagi para penggemar durian. Kudapan yang satu ini biasa dijajakan di bawah rimbunnya pepohonan hutan Kecamatan Boja yang berada di pinggir jalan menuju ibu kota Kecamatan Boja. Sembari melepas penat selama perjalanan yang kita tempuh, ada baiknya kita meluangkan waktu sejenak untuk mencoba hidangan kolak durian ini. Kolak durian merupakan inovasi terbaru dari olahan kolak yang pada umumnya berisi singkong, nangka, tape, dan ketan. Kolak durian ini tentu saja memakai durian sebagai kandungan utama di dalamnya seperti namanya.

Menurut penuturan pengunjung kedai kolak durian, walaupun telah mengalami serangkaian proses masak-memasak namun cita rasa asli durian tidak hilang begitu saja, justru kian menumbuhkan kesenangan tersendiri terhadap buah ini. Rupanya pembuatan kolak durian ini tidaklah serumit seperti yang dibayangkan kebanyakan orang. Hal yang harus dipersiapkan terlebih dahulu yakni durian, santan, gula pasir, gula jawa, daun pandan, air, dan ketan.

Semua bahan tersebut dicampurkan ke dalam panci yang telah siap dengan kompor yang menyala di bawahnya kecuali bahan ketan. Takaran yang dibutuhkan tergantung seberapa banyak porsi kolak yang akan kita sajikan. Selanjutnya setelah semua bahan dimasukkan, tunggu hingga kolak tersebut matang yang ditandai dengan air yang mengeluarkan gelembung mendidih dan berubah warna menjadi kecokelatan.

Tuangkan kolak yang sudah matang ke dalam mangkok saji. Hidangkan selagi masih hangat dan jangan lupa disajikan bersama ketan putih yang gurih. Kolak durian ini bisa dijadikan referensi dan jujukan kuliner bagi Anda semua sebagai sajian alternatif di kala waktu senggang. Selamat menikmati. (Shela Kusuma/YSH)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini