Sukses

Solusi Jitu Bagi Wanita Menopause yang Susah Tidur

Wanita menghadapi menopause akan merasakan gejala-gejala yang tak nyaman. Salah satunya, sulit tidur.

Citizen6, Timur Tengah: Menopause adalah suatu masa di mana kesuburan dan reproduksi wanita berhenti. Ditandai dengan berhentinya menstruasi, seiring bertambahnya usia dan penurunan hormon.

Wanita menghadapi menopause akan merasakan gejala-gejala yang tak nyaman: hot flashes, rasa panas di seluruh tubuh selama 2-30 menit, perubahan mood, dan berkeringat di malam hari. Dan, yang tak kalah mengganggu adalah sulit tidur. 
 
Tapi, jangan khawatir, ada jurus jitu bagi perempuan yang mengalami menopause agar bisa tidur nyenyak.  Berikut tipsnya:
 

1. Tidur teratur

Dengan pergi ke tempat tidur pada waktu yang sama, Anda akan mengajari tubuh untuk tidur pada waktu yang tepat.

2. Santai dan kurangi stres

Bagi sebagian wanita, ketidaknyamanan akibat menopause bisa menambah stres sehari-hari. Padahal, menopause adalah keniscayaan. Jadi, belajarlah untuk rileks dan mengurangi tekanan psikologi. Caranya bisa dengan bermeditasi, berlatih yoga, tai chi, mendekor ulang kamar dengan warna menenangkan juga bisa membantu.

3. Evaluasi jadwal tidur Anda

Jika semua metode yang dilakukan tidak berhasil, cobalah mengevaluasi tidur Anda. Perhatikan apa yang membuat tidur Anda menjadi tidak nyenyak. Dengan melakukan evaluasi, Anda bisa membuat rencana menghindari hal yang membuat tidur Anda tidak nyaman.

4. Pertimbangkan untuk mengambil terapi hormon

Beberapa wanita mungkin menghindar dari terapi hormon karena ada beberapa studi yang menghubungkannya dengan risiko seperti pembekuan darah dan kanker payudara -- terutama jika digunakan untuk jangka waktu yang lama. Namun, terapi hormon sebetulnya bisa diambil dalam jangka waktu yang singkat. Bukti menunjukkan bahwa mereka yang mengambil terapi hormon mengalami kesulitan tidur lebih sedikit daripada wanita menopause yang tidak menjalaninya. (Uli JIn/Mar)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.