Sukses

KRI Tanjung Kambani Angkut Satgas Yonif III Siliwangi

KRI Tanjung Kambani (KBI)-971 mengangkut prajurit yang tergabung dalam Satuan Tugas (Satgas) Batalyon Infantri 310/Kidang Kencana Kodam III Siliwangi, Sukabumi.

Citizen6, Jakarta: Dalam rangka melaksanakan penugasan pengamanan perbatasan RI-PNG di wilayah Provinsi Papua, KRI Tanjung Kambani (KBI)-971 mengangkut prajurit yang tergabung dalam Satuan Tugas (Satgas) Batalyon Infantri 310/Kidang Kencana Kodam III Siliwangi, Sukabumi.

Dalam suatu upacara milter, bertindak sebagai inspektur upacara adalah Kepala Staf Komando Daerah Militer (Kasdam) III Siliwangi, Brigjen TNI Sudirman Kadir, di Dermaga Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta, Rabu (30/1/2013).

Dalam amanat Panglima Komando Daerah Militer (Pangdam) III Siliwangi, Mayjen TNI Drs Sonny Widjaja, yang dibacakan Kasdam III Siliwangi mengatakan, dalam mengemban tugas pengamanan perbatasan RI-PNG, tidak hanyaberdampak positif terhadap upaya menjaga keutuhan wilayah NKRI, tetapi juga menumbuhkan kepercayaan rakyat terhadap kredibilitas TNI sebagai alat pertahanan negara. Selain itu secara langsung akan meningkatkan citra Siliwangi sebagai salah satu satuan terpercaya di jajaran TNI AD.

Pangdam juga menambahkan, dalam penugasan tersebut bukan saja menjaga keamanan di perbatasan sebagai tugas pokok, namun juga tugas sosial kemasyarakatan perlu diperhatikan. Seperti  kasus rawan pangan, membantu dalam bidang pendidikan terkait dengan kurangnya tenaga pengajar, membantu dalam bidang penyuluhan kesehatan dan pertanian, membantu mengatasi persoalan kemiskinan maupun membantu mengatasi persoalan-persoalan lainnya yang timbul dan dialami masyarakat di perbatasan.

"Dengan bekal pengalaman tugas operasi yang telah dilalui Satgas Yonif 310/Kidang Kencana selama ini, dan dengan keyakinan yang kuat untuk mengemban tugas negara, kalian akan mampu melaksanakan penugasan ini dengan baik dan berhasil," tegas Pangdam.

Satgas Batalyon Infantri 310/Kidang Kencana Kodam III Siliwangi, Sukabumi di bawah Komando Mayor Inf M Handi Prihantono, menggantikan Satgas Batalyon Infantri 121/Macan Kumbang (Yonif 121/MK). Batalyon ini merupakan Batalyon Infanteri yang berada di bawah komando Kodam I Bukit Barisan yang berkedudukan di Galang, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara.

Komandan KRI Tanjung Kambani (KBI)-971 Letkol Laut (P)Teguh Imam Wibowo mengungkapkan, "Kapal perang tersebut dalam rangka mengangkut kegiatan angkut pasukan atau pergeseran pasukan dari dan ke daerah operasi."

Hal ini merupakan salah satu wujud pelaksanaan tugas pokok Kolinlamil dalam melakukan angkutan laut militer baik dalam Operasi Militer Perang (OMP) maupun Operasi Militer Selain Perang (OMSP). (Kadispen Kolinlamil/Mar)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.