Sukses

Pangdam III Siliwangi: Pejabat Baru Berikan Contoh yang Baik

Pangdam III/Siliwangi Mayjen Sonny Widjaja memimpin Sertijab tiga pejabat Kodam III/Siliwangi di ruang Silih Wangi Makodam III/Siliwangi, Jalan Aceh 69, Bandung.

Citizen6, Bandung: Serah Terima Jabatan (Sertijab) di lingkungan TNI merupakan alih tugas dan jabatan yang bertujuan untuk memantapkan kualitas kepemimpinan.

Hal ini diutarakan oleh Pangdam III/Siliwangi Mayjen Sonny Widjaja saat memimpin Sertijab tiga pejabat Kodam III/Siliwangi di ruang Silih Wangi Makodam III/Siliwangi, Jalan Aceh 69, Bandung, Jumat 1 Februari 2013.

Pejabat yang melaksanakan sertijab antara lain Dannrem 063/Sunan Gunung Jati dari Kolonel Inf Ali Sanjaya kepada Kolonel Inf Puguh Raharjo, Danyon Armed-4/105 dari Letkol Arm Budi Saroso kepada Mayor Arm Wahyu Widodo serta Danyon Arhanudse-14 Kodam III/Slw dari Letkol Arh Dedik Ermanto kepada Mayor Arh Tri Sugiyanto.

Selain itu pejabat lama yang akan menduduki jabatan barunya antara lain Kolonel Inf Ali Sanjaya yang akan menduduki jabatan baru sebagai Paban Sahli Bidang Sosbud Sahli Kasad, Letkol Arm Budi Saroso menjadi Dandim Kota Sukabumi, dan Letkol Arh Dedik Ermanto menjadi Dandim Mentawai Kodam I/BB.

Sedangkan para pejabat barunya terdiri dari Kolonel Inf Puguh Raharjo, yang sebelumnya menjabat Aslog Kasdam VI/Mulawarman, Mayor Arm Wahyu Widodo yang sebelumnya menjabat Kabag Binsat Dirbinsen Pussen Armed Kodiklat TNI AD, serta Mayor Arh Tri Sugiyanto yang sebelumnya bertugas di Pussen Arhanud Kodiklat TNI AD.

Pada kesempatan tersebut, Pangdam menegaskan momentum sertijab diorientasikan untuk mengembangkan
kemampuan manajerial dan memperluas wawasan. Selain itu momentum ini juga untuk memperkaya pengalaman para perwira, sehingga diharapkan mereka mampu mengemban setiap tugas yang dibebankan kepadanya secara profesional dan proposional.

"Serah terima jabatan sesungguhnya bukan hanya suatu kelaziman, melainkan sudah merupakan kebutuhan dan keharusan dalam tradisi TNI. Selain itu serah terima jabatan juga mengandung makna dan nilai yang lebih dari biasa, karena mengandung aspek penyegaran, harapan dan kaderisasi, untuk mencapai tujuan organisasi," ungkap Pangdam.

"Menjadi kewajiban komandan dan seluruh prajurit jajaran Kodam III/Siliwangi untuk senantiasa memelihara dan meningkatkan profesionalisme prajurit serta kesiapsiagaan operasional satuan secara bertahap, bertingkat dan berlanjut melalui upaya pembinaan satuan secara intensif dan terus menerus dengan dilandasi disiplin yang tinggi. Upaya peningkatan profesionalisme keprajuritan tersebut dilakukan dengan cara memelihara dan meningkatkan keterampilan, pengetahuan dan keahlian, disertai dengan peningkatan jiwa pengabdian yang berlandaskan Sapta Marga, Sumpah Prajurit, dan Delapan Wajib TNI," tambah Pangdam pada Sertijab tiga pejabat Kodam III/Siliwangi.

Lebih lanjut Pangdam menegaskan,"Pemimpin harus dapat memberikan contoh dan suritauladan bagi anggotanya serta bertanggung jawab dalam pelaksanaan tugas".

Pangdam juga mengingatkan, salah satu tugas seorang komandan satuan adalah untuk memastikan seluruh tugas dan kewajiban satuan dapat dilaksanakan dengan baik. Hindari sikap yang akan menimbulkan hambatan psikologis yang bisa menyebabkan kurang harmonisnya hubungan antara atasan dan bawahan, sehingga akan bermuara kepada terganggunya pelaksanaan tugas pokok Satuan.

Hadir dalam acara tersebut Kasdam III/Siliwangi Brigjen TNI Sudirman Kadir, Kasgartap-II/ Bandung Marsma TNI Imron Nasution, para Danrem, asisten dan Kabalak Jajaran Kodam III/Siliwangi serta Ketua Persit KCK PD III/Slw beserta pengurus. (Pendam III/Slw/Mar)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini