FOTO: Prajurit TNI Patroli Bersama Tentara Perancis

By yesha

on Feb 16, 2013 at 15:14 WIB

Citizen6, Lebanon: Prajurit TNI yang tergabung dalam Satgas Batalyon Mekanis TNI Kontingen Garuda XXIII-G/UNIFIL (United Nations Interim Force in Lebanon) atau Indobatt (Indonesian Battalyon) di Lebanon, melaksanakan patroli bersama dengan pasukan FCR (Force Commander Reserve) UNIFIL dari Batalyon Perancis (Francbatt). Pelaksanaan patroli bersama tersebut di sekitar AOR (Area of Responsibility) Indobatt, Lebanon Selatan.

Kegiatan patroli ini merupakan rangkaian kegiatan latihan bersama personil Indobatt dengan tentara Perancis yang dilaksanakan selama empat hari, dimulai 13-16 Februari 2013.

 Sebelum pelaksanaan patroli pada, Kamis 14 Februari 2013, Dansatgas Indobatt Mayor Inf Lucky Avianto menekankan agar prajurit Indobatt dapat mengenalkan kepada Batalyon Perancis area mana saja yang menjadi wilayah operasi Indobatt. Serta, prajurit indobatt agar selalu melakukan pendekatan dengan masyarakat sekitar.
 
Patroli yang dilaksanakan dengan dua tahap yakni berjalan kaki dan menggunakan kendaraan tempur, juga melibatkan tentara Lebanon LAF (Lebanese Armed Force). Kegiatan patroli diawali dengan kordinasi singkat antara Indobatt, Francbatt dan LAF tentang penentuan formasi patroli. Route yang akan dilewati serta tindakan taktis dan administrasi yang dilakukan apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.
 
Saat melintasi perbatasan (blue line) antara Lebanon dengan Israel yang juga menjadi salah satu obyek dalam pelaksanaan patroli, regu patroli dari Francbatt melihat kekaguman Markas Indonesian Battalyon UN Posn 7-1, Adshid al-Qusayr. Menurut salah seorang tentara Perancis, dengan ketegangan yang terjadi antara Lebanon-Israel namun Markas Indobatt dapat tetap berdiri tegap di perbatasan.
 
Sementara itu, saat melintasi wilayah pemukiman masyarakat sekitar, tentara Francbatt juga sempat terkagum, pasalnya banyak warga masyarakat sekitar yang saling melemparkan senyum dan salam kepada prajurit Indobatt. Para personil Francbatt juga melihat banyaknya warga Lebanon yang menerima kedatangan Indobatt sudah seperti bagian dari keluarganya sendiri.

Dari seluruh rangkaian kegiatan patroli bersama yang dilaksanakan selama satu hari, pelaksanaannya berjalan dengan lancar dan aman serta tidak ditemukan hal-hal yang menonjol yang terjadi di Area Operasi Indobatt.
 
Menurut Mayor Inf Lucky Avianto usai pelaksanaan patroli, dengan patroli bersama diharapkan dapat meningkatkan hubungan yang baik antar angkatan dalam melaksanakan tugas misi perdamaian di Lebanon. (Badarudin Bakri/YSH)
Suka artikel ini?
yesha
yesha

  Full bio »

0 Comments