Sukses

43 Mahasiswa Ikuti Seleksi Penerimaan Mahasiswa Beasiswa TNI

Terhitung 1 Maret 2013 Mahasiswa Beasiswa TNI TA 2012 yang memenuhi persyaratan dan dinyatakan lulus akan mendapat tunjangan pendidikan sebesar Rp 1 juta.

Citizen6, Bandung: Terhitung 1 Maret 2013 Mahasiswa Beasiswa TNI TA 2012 yang memenuhi persyaratan dan dinyatakan lulus akan mendapat tunjangan pendidikan sebesar Rp 1 juta.

Hal ini disampaikan Asisten Personil (Aspers) Panglima TNI Marsda TNI Bambang Wahyudi pada saat memberikan pembekalan kepada 43 Mahasiswa yang akan mengikuti seleksi tingkat pusat penerimaan calon Mahasiswa Beasiswa TNI. Nantinya ke 43 mahasiswa ini akan diarahkan menjadi calon Perwira Prajurit Karier (Pa PK) TNI di Skadron Pendidikan (Skadik) 302 Wing Pendidikan Teknik dan Perbekalan (Wingdiktekal) Lanud Husein Sastranegara, Bandung, Jawa Barat, Rabu 20 Februari 2013.
 
Bila tahu lalu tunjangan pendidikan untuk Mahasiswa Beasiswa TNI sebesar Rp 750 ribu setiap bulan, tahun ini berubah menjadi Rp 1 juta setiap bulannya.  

Sesuai dengan ketentuan, tunjangan akan diberikan sampai selesai kuliah dan diwisuda menjadi sarjana. Atau dengan batas maksimal 4 tahun bagi jurusan atau program studi dokter umum, dokter gigi, dokter hewan, apoteker, dan psikolog (menempuh profesi) serta 3 tahun untuk S.1.
 
"Selain mendapat tunjangan pendidikan, Mahasiswa Beasiswa TNI juga mendapatkan bantuan uang skripsi sebesar Rp 2 juta, yang diberikan sekali saat menyusun skripsi. Tunjangan uang skripsi bagi Mahasiswa Beasiswa TNI  juga mengalami kenaikan yang semula satu juta menjadi dua juta rupiah," ujar Aspers Panglima TNI.
 
Seleksi tingkat pusat penerimaan calon Mahasiswa Beasiswa TNI akan dilaksanakan selama dua minggu, terhitung sejak 19 Februari sampai dengan 1 Maret 2013. Para peserta akan menjalani berbagai seleksi dengan materi pengujian.Mulai dari pemeriksaan administrasi, pemeriksaan kesehatan umum dan jiwa, pemeriksaan psikologi, pemeriksaan mental ideologi, pengujian kesamaptaan jasmani, postur, dan renang.

Syarat dan Ketentuan Bagi Mahasiswa yang Telah Lulus
 
Bagi Mahasiswa Beasiswa TNI yang telah lulus kuliah pada kesempatan pertama harus melaporkan diri kepada satuan pembina untuk disampaikan ke satuan atas dan dipanggil mengikuti pendidikan pertama calon perwira TNI. Mereka yang telah dinyatakan lulus harus sanggup untuk tidak menikah selama dalam status Mahasiswa Beasiswa TNI, khusus bagi wanita harus tetap menjaga kehormatannya.

Apabila ketentuan ini dilanggar, Mahasiswa Beasiswa TNI yang telah dinyatakan lulus akan diberhentikan dari program Mahasiswa Beasiswa TNI calon Pa PK. Bila diberhentikan karena pelanggaran/kesalahan penerima beasiswa TNI ataupun mengundurkan diri dari Mahasiswa Beasiswa TNI secara sepihak, maka peserta diwajibkan mengembalikan 10 kali lipat dari seluruh biaya yang telah dikeluarkan oleh negara.

Jumlah Calon Perwira TNI yang Berhasil Menerima Beasiswa        
 
Pendaftaran Mahasiswa Beasiswa TNI TA 2012 dari seluruh Indonesia sebanyak 101 orang. Namun setelah dilakukan pemeriksaan dan pengujian di tingkat daerah, dinyatakan lulus dan dipanggil untuk mengikuti seleksi tingkat pusat totalnya menjadi 43 orang karena satu orang mengundurkan diri.

Alokasi untuk penerimaan Mahasiswa Beasiswa TNI TA 2012 yang akan menjadi calon Perwira TNI sejumlah 45 orang dengan rincian, TNI AD  20 orang (17 pria dan 3 wanita), TNI AL 15 orang (12 pria dan 3 wanita) dan TNI AU 10 orang (10 pria).  
 
Lebih lanjut Aspers Panglima TNI mengatakan, sasaran dalam penerimaan Mahasiswa Beasiswa TNI adalah para mahasiswa perguruan tinggi negeri dan swasta dengan jurusan/program studi tertentu sesuai kebutuhan organisasi TNI. Program penerimaan Mahasiswa Beasiswa TNI calon Pa PK merupakan salah satu program penerimaan calon Pa PK TNI yang bersumber dari mahasiswa perguruan tinggi negeri dan swasta. Program ini bertujuan  untuk memenuhi kebutuhan jurusan yang belum atau masih terdapat kekurangan pada penerimaan calon Pa PK TNI sebagaimana kebutuhan jurusan yang telah diajukan oleh angkatan masing-masing.

Mahasiswa Beasiswa TNI yang dinyatakan lulus seleksi nantinya akan melanjutkan kuliahnya di kampus masing-masing hingga lulus kuliah. Setelah lulus kuliah para calon harus melaporkan diri pada satuan pembina untuk disampaikan ke satuan atas dan dipanggil mengikuti pendidikan pertama calon perwira TNI.
 
Syarat untuk mendapatkan Beasiswa TNI, antara lain mahasiswa dari perguruan tinggi negeri atau swasta yang telah masuk semester enam dengan Indek Prestasi Kumulatif (IPK) 2,80 untuk perguruan tinggi yang berakreditasi "A" dan 3,0 untuk perguruan tinggi yang berakreditasi "B". Bagi mahasiswa yang berminat untuk mendapatkan beasiswa dari TNI dapat mendaftarkan diri di satuan-satuan TNI yang berada di setiap daerah di seluruh Indonesia seperti Kodam, Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) dan Pangkalan Angkatan Udara (Lanud). (Badarudin Bakri/Mar)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini