Lupa Minum Pil Kontrasepsi? Ikuti Tips Ini Sebelum Hamil

on

Citizen6: Pil kontrasepsi atau lebih dikenal dengan pil KB, adalah alat kontrasepsi yang sangat efektif bila diminum sesuai aturan. Keamanannya pun dijamin 99%. Tetapi bila kita lupa meminumnya sehari saja, akan berakibat sangat fatal.

Pil KB sebagai alat kontrasepsi bekerja mencegah kehamilan dengan 3 cara: Pertama, mencegah pelepasan sel telur dari rahim sehingga tidak dapat dibuahi oleh sperma. Kedua, mengentalkan lendir di leher rahim sehingga sperma tidak bisa berenang mencapai sel telur. Ketiga, mencegah pematangan endometrium atau dinding bagian dalam rahim sehingga apabila sel telur telah terlanjur dibuahi tidak dapat menempel di dinding rahim.

Kekurangan dari pil KB adalah biasanya saat minum akan terasa mual, timbul bercak di wajah, jerawat, berat badan bertambah, payudara menjadi kencang dan sakit, muncul flek atau pendarahan diantara 2 siklus menstruasi, perubahan mood, dan libido menurun.

Pil KB sendiri memiliki 2 jenis kemasan, yaitu kemasan isi 21, contohnya Diane dan isi 28, contohnya Microgynon yang dibuat berdasarkan siklus menstruasi.

Hal-hal apa yang perlu diperhatikan dari penggunaan pil kontrasepsi ini dan bagaimana cara mengonsumsinya? Berikut caranya:

1. Pil pertama harus diminum pada saat menstruasi
2. Pil diminum sesuai dengan hari yang tertera pada kemasan.
3. Untuk pil isi 28 mulailah minum pada bidang sebelah kiri
4. selanjutnya ikuti arah anak panah sesuai hari, jangan melompat-lompat karena iseng
5. Minum pil setiap hari pada waktu yang sama, misalnya hari ini jam 9 malam maka besok dan seterusnya jam 9 malam.
6. Untuk pil kemasan  21, setelah habis berhenti minum selama 7 hari dan dilanjutkan dengan kemasan baru.
7. Untuk pil kemasan 28, minum tanpa berhenti.

Jadi bagi Anda yang memiliki daya ingat kurang, dianjurkan jangan memilih jenis alat kontrasepsi ini. Lalu bagaimana bila kita lupa minum? Apakah boleh esok harinya langsung meminum 2 pil sekaligus (double dosis) atau ada aturan khususnya?

Jika dari Anda, ada yang lupa meminumnya, jangan langsung memvonis kalau Anda akan positif hamil pada hubungan seksual selanjutnya. Berikut tips bagi Anda, bila lupa minum alat kontrasepi ini.

1. Bila terlupa minum pada hari yang sama hanya beda beberapa jam, langsung minum pil saat teringat. Contoh pil hari rabu harusnya diminum jam 9 malam, tapi terlupa dan baru ingat jam 12 malam, maka langsung diminum pada saat itu juga.

2. Bila terlupa minum pada keesokan harinya maka tunggulah sampai jadwal minum pil tiba, dan minumlah pil hari ini dan hari kemarin. Contoh pil hari rabu jam 9 malam terlupa minum, dan baru ingat esok harinya, maka pada hari Kamis minumlah pil untuk hari Kamis dan pil hari Rabu pada jam 9 malam.

3. Bila terlupa minum 2 hari minumlah 2 pil pada hari ini dan 2 pil pada esok harinya. Contoh: Anda lupa minum pil hari Rabu dan Kamis jam 9 malam, maka pada hari Jumat, Anda harus minum 2 pil. Yaitu pil hari Rabu dan Kamis pukul 9 malam dan esoknya hari Sabtu anda harus minum pil Jumat dan Sabtu pada pukul 9 malam.

4. Bila terlupa lebih dari 2 hari sebaiknya konsultasikan kepada dokter anda.

5. Saat terlupa minum pil berapa hari pun dianjurkan untuk menggunakan tambahan kontrasepsi lainnya misalnya kondom, agar pencegahan kehamilan lebih terjamin. (Julia Hardy/Mar)


Julia Hardy adalah pewarta warga yang bisa dihubungi lewat akun twitternya @juleahardy

Suka artikel ini?

0 Comments