Sukses

Kaum Tionghoa Se-Kecamatan Medan Punya Pengurus Baru

Pelantikan kepengurusan organisasi masyarakat Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia (PSMTI) di 4 kecamatan untuk kawasan Medan bagian utara berlangsung sukses.

Citizen6, Belawan: Pelantikan kepengurusan organisasi masyarakat Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia (PSMTI) di 4 kecamatan untuk kawasan Medan bagian utara berlangsung sukses.

Pelantikan yang digelar di Wisma Hermina Hotel Pardede, Jalan Pelabuhan Belawan, pada Minggu 24 Februari malam tersebut berhasil melantik masing-masing ketua dan pengurus PSMTI. Untuk kecamatan Medan Belawan diketuai oleh Tan Seng Ho, PSMTI Medan Labuhan Anthony, Ketua PSMTI Medan Deli yaitu Iwan, dan Ardi sebagai Ketua PSMTI Medan Marelan.

Saimun Pasaribu selaku ketua panitia didampingi sekretaris Abun Chandra Winata pada Global Sumatera Utara (Sumut) mengatakan, terbentuknya 4 susunan kepengurusan PSMTI murni pengembangan organisasi yang bersifat independent guna menjalin persatuan antar etnis Tionghoa yang ada di Indonesia.

Sedangkan Halim Loe selaku ketua PSMTI Kota Medan dalam sambutannya mengungkapkan, "PSMTI ini terbentuk dengan tujuan meningkatkan kesadaran bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Selain itu, PSMTI juga ikut serta dalam pembangunan di Indonesia dalam berbagai bidang, baik bidang pertahanan keamanan, politik, sosial, dan budaya."

"PSMTI juga merupakan ormas yang tetap memiliki komitmen, bersifat sosial, dan tak berubah menjadi partai politik. Terbentuknya PSMTI ini juga untuk memantapkan posisi dan jati diri Tionghoa, di mana kita lahir, besar dan mati di Indonesia. Jadi kita tak mau dibilang orang China, karena etnis Tionghoa termasuk budaya dalam miniatur Indonesia," tutur Halim.  

Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2006 menyatakan setiap orang yang lahir di Indonesia merupakan bangsa Indonesia asli.

"Atas dasar Undang-Undang itulah, kita sebenarnya berhak menjadi Presiden RI. Kalau perkara menang kalahnya itu nomor 2," kata Halim Loe disambut tepuk tangan meriah dari para undangan yang hadir.

Para undangan yang hadir di antaranya Lantamal I Laksamana Pertama Didik Wahyudi, Hasyim Ketua Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (FPDI-P) DPRD Kota Medan, Ahie anggota DPRD Kota Medan, Syofyan Tan, Ketua PSMTI Sumut Edy Juadi, Sofrizal / Haris F Lubis Rayon Ampi Medan Labuhan, Robet Hutahean, Ter Kia Gjoh Dewan Kehormatan PSMTI, Dayon Sutomo Penasehat Sumut, Joeelie Wakil Ketua, tokoh agama, tokoh budanya, dan tokoh masyarakat maupun muspika setempat. (Abu Hasan/Mar)

Abu Hasan adalah pewarta berita.

Anda juga bisa mengirimkan artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas atau opini anda tentang politik, kesehatan, keuangan, wisata, social media dan lainnya ke citizen6@liputan6.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.