Sukses

FOTO: 18 Siswa Sesko AU Amerika Kunjungi Mabes TNI

Sebanyak 18 siswa Sesko AU Amerika Serikat yang dipimpin oleh Colonel Alan Hunt selaku Ketua Delegasi United States Air Force War College melakukan kunjungan ke Markas Besar (Mabes) TNI Cilangkap, Jakarta Timur.

Citizen6, Cilangkap: Sebanyak 18 siswa Sesko AU Amerika Serikat yang dipimpin oleh Colonel Alan Hunt selaku Ketua Delegasi United States Air Force War College melakukan kunjungan ke Markas Besar (Mabes) TNI Cilangkap, Jakarta Timur. Rombongan delegasi diterima oleh Asisten Intelijen (Asintel) Panglima TNI Mayjen TNI Tisna Komara didampingi Staf Ahli Panglima TNI Tingkat II Bidang Sosbud dan HAM Marsma TNI Dr. Parulian Simamora.

Usai diterima Asintel Panglima TNI pada, Kamis 7 Maret 2013, 18 siswa Sesko AU Amerika Serikat didampingi Marsma TNI Dr. Parulian Simamora, dan beberapa perwira staf Intelijen menyaksikan penayangan video The TNI in Brief dan dilanjutkan diskusi di  ruang rapat Paripurna Mabes TNI Cilangkap.
 
Dalam kesempatan tersebut, Marsma TNI Dr. Parulian Simamora, mewakili Asintel Panglima TNI dalam amanatnya mengatakan bahwa, Amerika Serikat merupakan negara dengan intensitas kerja sama tertinggi dengan Indonesia dibandingkan dengan beberapa negara lain. Hal ini menunjukkan komitmen kedua negara untuk saling bekerja sama secara erat dan sekaligus dalam upaya menjaga stabilitas dan keamanan kawasan.

Indonesia dan Amerika Serikat telah menjalin hubungan persahabatan yang erat lebih dari beberapa dasawarsa. Kedua negara telah bekerja sama dalam berbagai bidang yang saling menguntungkan baik dalam skala regional maupun internasional.

Dalam bidang kerjasama militer, kedua angkatan bersenjata telah melaksanakan hubungan kerja sama yang sangat baik, misalnya pada pertemuan Unated States-Indonesia Bilateral Defence Discussion (USIBDD) 2012 yang diselenggarakan di Jakarta telah disepakati bersama kegiatan dalam bidang, diantaranya kontra terorisme, pelatihan dan latihan bersama, pendidikan dan program khusus, logistik dan juga penanggulangan bencana serta bantuan kemanusiaan.

Kerja sama tersebut dilakukan dalam rangka Strategic Partnership yang memberi manfaat bagi kedua belah pihak dengan tetap saling menghormati kedaulatan negara masing-masing. "Pada tataran dunia, Indonesia telah berperan penting, baik pada tingkat kawasan regional dan internasional, tidak hanya pada fungsi diplomatik namun juga pada tataran kegiatan militer," ujar Asintel Panglima TNI.

Sementara itu, keikutsertaan TNI pada misi perdamaian dunia dibawah bendera PBB merupakan sikap  tegas Indonesia tentang pentingnya perdamaian dan ketertiban dunia sebagaimana diamanatkan dalam konstitusi. (Badarudin Bakri/YSH)

Badarudin Bakri adalah pewarta berita

*Anda juga bisa mengirimkan artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas atau opini anda tentang politik, kesehatan, keuangan, wisata, social media dan lainnya ke citizen6@liputan6.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.