Reuni Dewa 19, Akankah Membawa Mereka Kembali?

on Mar 20, 2013 at 08:48 WIB

Citizen6, Jakarta: Paska dikeluarkannya Ari Lasso dari Dewa 19 usai merilis album The Best of Dewa 19 di 1999, tidak berarti hubungan antar personel grup asal Surabaya ini terganggu.

Selain sempat tampil sebagai guest star di beberapa panggung Dewa 19, Ahmad Dhani pun masih sering mengajak sahabat yang 'dipecat' nya ini tampil bersama. Apalagi saat Dhani bersama The Rock merilis hit Munajat Cinta pada 2007, bersama grup TRIAD-nya, Dhani pun masih kerap mengajak Ari Lasso yang notabene sukses meniti karir solonya untuk tampil bersama.

Namun kebersamaan mereka yang dianggap paling menyentuh hati para Baladewa (sebutan untuk fans dewa 19), adalah pada mega konser "Mahakarya Ahmad Dhani & Dewa 19" di Jakarta Convention Centre, 13 Juni 2012 lalu.

Formasi utuh Dewa 19, yaitu Ahmad Dhani pada keyboard dan vokal, Yuke S pada bas, Andra Ramadhan pada gitar, Agung Yudha pada dram serta Ari Lasso pada vokal tampil mengharu biru dengan sejumlah hit lawas mereka. Di antaranya Elang, Restoe Boemi, Cinta Kan Membawamu Kembali, Kirana, dan lain-lain.

Pernyataan jujur Dhani saat membawakan kembali lagu-lagu tersebut, ia sampai tak kuasa menahan air matanya. Ini menunjukkan sisi manusiawi terbesar seorang musisi kontroversial.

"Saya nggak tahu ya Ari Lasso, tapi kayaknya sih juga sama. Soalnya lagu-lagu itu membawa kembali kenangan kita bersama-sama dulu," ungkap Dhani beberapa waktu yang lalu pada awak media.

"Kita memang sering bawain lagu-lagu Dewa 19, tapi dengan formasi yang utuh, rasanya lain sekali," lanjut Dhani.

Dhani dan Ari memang tidak pernah saling meninggalkan, kendati mereka telah 'bercerai dari satu rumah tangga'. Sebagai sahabat, ikatan emosional mereka tercermin dari kerapnya kebersamaan mereka yang memang bisa juga diterjemahkan sebagai bisnis. Namun para Baladewa tetap saja memimpikan berkibarnya kembali Dewa 19 plus Ari Lasso, dan kalau perlu Once Mekel.

Impian itu pun 'sedikit' terjawab pada konser Ahmad Dhani tersebut. Melihat ini Ari Lasso memprakarsai sebuah reuni Dewa 19 yang terindah dalam konser solonya yang bertajuk "Sang Dewa Cinta-nya" di Plenary Hall, Jakarta Convention Center (JCC), pada Sabtu 23 Februari 2013. Di situ ia mempertemukan Ahmad Dhani, Wawan Yuniarso, Andra Ramadhan, dan Erwin Prasetya, sang mantan basis Dewa 19 yang dikabarkan sempat bertikai dengan Dhani.

Lewat lagu Kangen yang mereka bawakan, seakan mengajak penonton yang memadati gedung bernostalgia kembali ke awal kejayaan Dewa 19. Mungkin saja lagu ini sekaligus pencetusan hati mereka berlima akan kebersamaan kembali.

"Atas seijin Dhani dan Andra, saya bawa serta Wawan dan Erwin untuk tampil bersama," ucap Ari kepada insan pers, sebelum momen ini berlangsung. Ya, setelah hampir 13 tahun Ari, Dhani, Andra dan Erwin tidak sepanggung, malam itu mereka kembali bersama. Sedangkan bagi Wawan Arbi Yuniarso, ini mungkin reuninya setelah nyaris 20 tahun hengkang dari Dewa 19.

Meski diklaim Dhani kini Dewa 19 hanyalah band berformat reuni, dan kerapnya Ari Lasso tampil 'hanya' sebagai featuring, namun publik masih berharap mereka kembali bersama mengibarkan bendera Dewa 19. Bahkan kata Diva Pop Titi DJ, tak ada yang bisa menyanyikan lagu Dewa 19 sebaik Ari Lasso.

Masalahnya memang dalam estimasi bisnis Ari dan Dhani, kalau mereka bersatu dalam grup. Sebab secara solo, pendapatan mereka masing-masing jelas lebih besar. Tapi sebetulnya, besar di jalur solo pun tak mempengaruhi kredibilitas ketika bermain dalam grup. Sting akhirnya juga menghidupkan kembali The Police, walau masih sebatas konser reuni seperti Dewa 19. Phil Collins pun tak pernah merasa jengah, ketika harus 'pulang' bermain bersama Genesis, walau kemudian sibuk lagi untuk proyek solonya.

Kita semua percaya, tidak semuanya dihitung secara materi. Persahabatan mendalam dapat mengalahkan ego sebesar apapun, apalagi melihat makin dewasanya Dhani dan kawan-kawan dalam berpikir. Mungkin saja, reuni kembali kelima eks pelajar SMAN 2 Surabaya ini merupakan embrio kebersamaan mereka kembali dalam rumah awal mereka; Dewa 19. Sebab, kita berharap dan mungkin juga yakin cinta kan membawa mereka kembali. Who knows?.. (Iwan Prasetya/Mar)


Iwan Prasetya pemilik akun twitter @PrasetyaIwan adalah pewarta warga.

*Anda juga bisa mengirimkan artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas atau opini anda tentang politik, kesehatan, keuangan, wisata, social media dan lainnya ke citizen6@liputan6.com


Suka artikel ini?

0 Comments