Campursari Kowal Kobangdikal SiapTampil di HUT TNI AL Ke-67

on

Citizen6, Surabaya: Menjelang HUT Jalasenastri ke-67, Ketua Umum Jalasenastri Ny Penny Marsetio memberikan pembekalan kepada personil Jalasenastri TNI AL wilayah timur.

Ia juga meninjau latihan Grup Campursari Korps Wanita TNI AL (Kowal) Komando Pengembangan dan Pendidikan Angkatan Laut (Kobangdikal) Tirtogumilar di Aula Pusat Pendidikan Bantuan Administrasi (Pusdikbanmin), Kesatrian Bumimoro, Kobangdikal, Surabaya, pada Rabu (3/4/2013).

"Saya puas melihat gladi dan Campursari Tirtogumilar Kobangdikal ini. Namun saya berharap latihan terus dilakukan sambil mempersiapkan kelengkapan lainnya untuk penampilan nanti," terang Penny.

Kedatangan orang nomor satu di jajaran Jalasenastri TNI AL ini ke Kobangdikal, tidak lain adalah untuk melihat gladi bersih Campursari Kowal Kobangdikal Tirto Gumelar yang akan tampil di event peringatan puncak Hari Ulang Tahun Dharma Pertiwi, yaitu Organisasi Istri Prajurit TNI pada April ini di Mabes TNI Jakarta.

"Merupakan suatu kehormatan dan kesempatan langka untuk bisa tampil di event ini. Karena hal ini merupakan permintaan langsung dari Ketua Dharma Pertiwi Ny Tetty Agus Suhartono dan sekaligus sebagai salah satu ujian bagi grup Campursari Kobangdikal untuk mampu memberikan hiburan yang apik bagi penggemar musik etnik Indonesia saat ini," lanjut Penny.  

Dalam kunjungannya ke Kobangdikal, Ketua Umum Jalasenastri disambut Ketua Gabungan Jalasenastri Kobangdikal Ny Djoko Teguh Wahojo, Wakil Ketua Gabungan Jalasenastri Kobangdikal Ny Sturman Panjaitan, Pengurus Gabungan Jalasenastri Kobangdikal, Perwira Tertua Kowal Kobangdikal, dan Koordinator Kowal Wilayah Surabaya Kolonel Laut (K/W) Dr AV Sri Suhardiningsih.  

"Campursari adalah kesenian Indonesia yang unik dan asik," tutur Penny. Karena alunan musiknya merupakan perpaduan alat musik tradisional Jawa berupa gamelan dengan alat musik modern, sehingga hal ini menarik dan digemari masyarakat.

Di Kobangdikal, ada potensi itu, salah satunya grup Campursari Tirto Gumelar yang para pemainnya banyak dari anggota Kowal dan Jalasenastri. Ia pun berjanji akan terus mendukung hal tersebut dan berkeinginan menampilkan grup tersebut di event yang lebih besar.

"Campursari ini bagus. Selain sering digelar di event intern Kobangdikal seperti Hari Pendidikan Angkatan Laut (Hardikal), juga digelar pada saat acara sertijab dan wisuda. Di samping itu juga pernah ditampilkan di HUT Armada dan HUT Kowal di Jakarta tahun lalu," imbuhnya.

Sebagai Ketua Umum Jalasenasti dan juga ibu Pelindung Kowal (Catra Ratnanggadi Jalakanya Sena), Penny turut berbangga atas prestasi tersebut. Karena dari personel Kowal yang tampil ada juga dari anggota Jalasenastri. Hal ini membuktikan personil TNI AL dan Jalasenastri  turut berpartisipasi dalam melestarikan dan mempertahankan budaya Indonesia.

Harapannya kepada seluruh anggota tim, agar lebih mempersiapkan fisik dan mental sebaik-baiknya dalam menampilkan Campursari Kowal Kobangdikal di event Dharma Pertiwi nantinya. Penny juga mengingatkan agar seluruh anggota belajar dan berlatih dengan sungguh-sungguh, agar pada saatnya nanti bisa menunjukan hasil yang terbaik. (Mayor Laut (KH) Rohman Arif/Mar)

Mayor Laut (KH) Rohman Arif adalah pewarta warga.

Anda juga bisa mengirimkan artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas atau opini anda tentang politik, kesehatan, keuangan, wisata, social media dan lainnya ke citizen6@liputan6.com



Suka artikel ini?

0 Comments