Sukses

Pembukaan Dikmatra I Diikuti 78 Perwira

Sebanyak 78 perwira pertama mantan Pendidikan Spesialisasi Perwira (Dikspespa) Non TNI AL ikuti aplikasi Pendidikan Matra 1.

Citizen6, Surabaya: Sebanyak 78 perwira pertama mantan Pendidikan Spesialisasi Perwira (Dikspespa) Non TNI AL ikuti aplikasi Pendidikan Matra 1 yang dibuka Komandan Kobangdikal Laksda TNI Djoko Teguh Wahojo di gedung Bettel Geuse Pusat Pendidikan Lanjutan Perwira (Pusdiklapa) Komando Pendidikan Operasi Laut (Kodikopsla), Kobangdikal, Senin (8/4)
 
Dari jumlah 78 orang perwira pertama mulai pangkat Lettu hingga Kapten ini, 11 orang diantaranya berasal dari Korps Wanita Angkatan Laut (Kowal) dan akan menempuh pendidikan selama dua bulan di Sekolah Fungsional (Sefung) Pusdiklapa yang berlokasi di Bumimoro, Surabaya.

Menurut Dankobangdikal pada Senin 8 April 2013, Dikmatra I adalah pendidikan bagi perwira TNI AL yang sebelumnya telah melaksanakan pendidikan setingkat spesialisasi perwira (Dikspespa) di luar lembaga pendidikan TNI AL, diantaranya telah mengambil program S-1 di perguruan tinggi, pendidikan/kursus di TNI, TNI AD atau TNI AU.
 
"Tujuan Dikmatra I adalah mendidik para Siswa agar mempunyai kemampuan profesi matra laut sehingga dapat melaksanakan tugas sebagai Perwira Divisi di KRI, Dankie di Batalyon, Kaur di Mabesal atau jabatan lain setingkat lulusan Dikspespa," terang Pati bintang dua di pundak tersebut.
 
Pendidikan formal dan non formal yang diselenggarakan TNI AL lanjutnya, pada hakekatnya merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari pola pembinaan personil secara menyeluruh.  Dari pendidikan ini diharapkan menghasilkan sosok perwira TNI AL yang memiliki ilmu pengetahuan memadai, professional dan memliki etika moral yang baik.
 
Menurutnya seorang perwira senantiasa memegang peran sentral dan strategis dalam organisasi dan akan mewarnai dinamika keberhasilan pencapaian tujuan organisasi, hal ini dihadapkan pada perkembangan lingkungan dan ilmu pengetahuan yang semakin dinamis dan berkembang.

"Saya berharap dengan terbatasnya waktu belajar ini para siswa memanfaatkan waktu sebaik-baiknya dengan terus belajar dan menambah wawasan, budayakan kerja keras dan berpikir cerdas untuk meraih prestasi sesuai standart kompetensi yang dipersyaratkan," pintanya.
 
Hadir dalam pembukaan tersebut Wadan Kobangdikal Brigjen TNI Sturman Panjaitan, Dankodikopsla Laksma TNI Aswad, para Direktur Kobangdikal, para Komandan Kodik dan Komandan Pusdik dilingkungan Kobangdikal. (Mayor Laut (KH) Rohman Arif/YSH)

Mayor Laut (KH) Rohman Arif adalah pewarta berita warga

Anda juga bisa mengirimkan artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas atau opini anda tentang politik, kesehatan, keuangan, wisata, social media dan lainnya ke citizen6@liputan6.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini