Sukses

Kolinlamil Gelar Latihan Penanggulangan Kebakaran

Komando Lintas Laut Militer laksanakan latihan penanggulangan bahaya kebakaran dengan menggunakan Alat Pemadam Api Ringan (APAR).

Citizen6, Jakarta: Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) laksanakan latihan penanggulangan bahaya kebakaran dengan menggunakan Alat Pemadam Api Ringan (APAR) berjenis CO2 dan busa serta hydrant (air bertekanan tinggi) di Dermaga Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Kegiatan latihan tersebut dimaksudkan untuk menjaga ketanggapan dan kemampuan para prajurit Kolinlamil untuk menanggulangi bahaya kebakaran yang sewaktu-waktu bisa terjadi dalam menghadapi tugas-tugas di satuan maupun unsur di jajaran Kolinlamil. Hal ini diharapkan dapat menghindari kerugian personel maupun materiel (zero accident).

Latihan yang dilaksanakan pada Rabu 10 April 2013 tersebut terbagi dalam 4 tim Pemadam Kebakaran (PMK) dan Penyelamatan Kapal (PEK) KRI Kolinlamil. Mereka terdiri dari prajurit dan PNS yang berada di staf Markas Komando (Mako), staf Satuan Lintas Laut Militer (Satlinlamil) Jakarta maupun prajurit yang berdinas di Kapal Perang Republik Indonesia (KRI). Di antaranya KRI Tanjung Kambani-971 dan KRI Tanjung Nusanive-973.

Pada latihan tersebut, kebakaran di 4 tempat disimulasikan terjadi di Gedung Laut Nusantara, Gedung Satharkan Satlinlamil Jakarta, Ruangan Komandemen KRI Tanjung Kambani-971, dan di ruang mesin KRI Tanjung Nusanive-973.

Saat terjadi kebakaran di lokasi tertentu, salah satu dari anggota tim melaporkan kepada Komandan Tim (Dantim). Selanjutnya Dantim memerintahkan kepada penjagaan untuk mengumumkan lokasi terjadinya kebakaran dan memukul lonceng serta membunyikan sirine.

Sedangkan Kepala Tim (Katim) mengumpulkan seluruh anggota PMK dan melaporkan jumlah personel dan peralatan PMK ke Dantim. Setelah itu Dantim memerintahkan Katim untuk melaksanakan aksi pemadaman.

Usai melaksanakan latihan, Inspektur Kolinlamil (Irkolinlamil), Kolonel Laut (T) Sudi Samiyono menyampaikan evaluasi secara global terhadap pelaksanaan latihan dan menekankan pentingnya peranan seorang pemimpin dalam mengambil keputusan. Sehingga terwujud tim yang solid dan kompak dalam melaksanakan suatu tugas untuk mencapai suatu kesuksesan.

Turut hadir menyaksikan kegiatan latihan tersebut, di antaranya Kolonel Laut (T) Sudi Samiyono, Aspers Pangkolinlamil Kolonel Laut (P) Syamsul Rizal, Komandan Satlinlamil Jakarta, Kolonel Laut (P) Nanang Ismurdianto, beberapa Kadis Kolinlamil, dan para perwira Kolinlamil. (Ancha Alamsyah/Mar)

Ancha Alamsyah adalah pewarta warga.


Anda juga bisa mengirimkan artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas atau opini anda tentang politik, kesehatan, keuangan, wisata, social media dan lainnya ke citizen6@liputan6.com


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.