Sukses

Unisba Gelar Kuliah Umum di Kapal Perang

Unik, mungkin inilah kata yang tepat untuk mewakili kegiatan mahasiswa Universitas Islam Bandung (Unisba). Bekerja sama dengan Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) menggelar kuliah umum di kapal perang.

Citizen6, Jakarta: Unik, mungkin inilah kata yang tepat untuk mewakili kegiatan mahasiswa Universitas Islam Bandung (Unisba). Bekerja sama dengan Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) menggelar kuliah umum di kapal perang. Tepatnya di Ballroom KRI Tanjung Kambani-971 yang sandar di dermaga Mako Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta, Kamis.

Kuliah umum Fakultas Hukum Unisba Bandung tersebut dibuka oleh Inspektur Kolinlamil Kolonel Laut (T) Sudi Samiyono mewakili Panglima Kolinlamil Laksda TNI S.M. Darojatim yang saat itu selaku Pangkogasgabratmin dalam Latposko Latgab TNI 2013 di Mako Kostrad, Cilodong.

Pangkolinlamil  dalam sambutannya mengatakan, bangsa Indonesia memandang laut sebagai sarana dan wahana untuk mewujudkan satu kesatuan wilayah negara dalam arti politik, ekonomi, sosial, budaya dan pertahanan keamanan.

 Lebih lanjut Pangkolinlamil memberikan gambarkan sekilas tentang kemampuan TNI AL yang ada saat ini  yaitu Armada RI terdiri dari 2 armada yaitu Armada Barat dan Armada Timur, dengan jumlah KRI 148 tersebar dari Sabang sampai Merauke dan 50 Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) serta 195 pos-pos TNI AL yang ada di daerah-daerah terpencil yang berfungsi sebagai mata dan telinga TNI AL.

Diakhir sambutannya Pangkolinlamil menyampaikan penghargaan dan ucapan terimakasih yang sedalam-dalamnya kepada pimpinan Fakultas, Staf dan Dosen Unisba atas kerjasama yang baik ini.

Sementara itu Kuliah umum  Fakultas Hukum Unisba yang mengambil tema "Peran TNI Angkatan Laut dalam Menangkal Tindakan Pidana Internasional di Wilayah Perairan Teritorial Indonesia dan Upaya Penanggulangannya" tersebut diisi nara sumber dari Dinas Hukum (Diskum) Kolinlamil.  

Ditambahkan juga diantaranya materi mengenai rezim perairan berdasarkan pada The United Nations Convention on the Law of the Sea (UNCLOS) tahun 1982 yang dijelaskan secara lebih mendetail dilanjutkan dengan sesi tanya jawab oleh beberapa mahasiswa dari Unisba kepada nara sumber.

Kegiatan tersebut diikuti oleh 177 mahasiswa, 7 dosen pembimbing dari Unisba, Kepala Dinas Hukum (Kadiskum) Kolinlamil Letkol Laut (KH) Sigit Wahyu Wibowo serta perwira staf Diskum Kolinlamil. (Maman Sulaeman/KW)

*Maman Sulaeman adalah Pewarta warga

Anda juga bisa mengirimkan artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas atau opini anda tentang politik, kesehatan, keuangan, wisata, social media dan lainnya ke citizen6@liputan6.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini