Sukses

Kemendiknas Jatim Gelar Sertifikasi Bagi 5.000 Guru

Untuk meningkatkan mutu para pendidiknya, Kemendiknas Jawa Timur bekerja sama dengan Universitas PGRI Adi Buana Surabaya menyelenggarakan penataran dan sertifikasi bagi 5000 orang guru se-wilayah Jawa Timur.

Citizen6, Surabaya: Untuk meningkatkan mutu para pendidiknya, Kementerian Pendidikan Nasional (Kemendiknas) Jawa Timur bekerja sama dengan Universitas PGRI Adi Buana (Unipa) Surabaya akan menyelenggarakan penataran dan sertifikasi bagi 5000 orang guru se-wilayah Jawa Timur.

Untuk mematangkan hal tersebut, Rektor Universitas Adi Buana Surabaya Drs H Sutijono, sebagai pihak penyelenggara mendatangi Kesatrian Kobangdikal yang diterima langsung Komandan Komando Pengembangan dan Pendidikan Angkatan Laut (Kobangdikal) Laksda TNI Djoko Teguh Wahojo di ruang lobi gedung Kihadjar Dewantara, Bumimoro, Selasa 30 April 2013.
 
Dalam pertemuan tersebut dibicarakan mengenai rencana pelaksanaan sertifikasi yang akan digelar di Pusat Latihan dan Pendidikan Dasar Kemiliteran (Puslatdiksarmil) Juanda yang merupakan salah satu Komando Pelaksana (Kolak) yang berada di bawah Komando Pengembangan dan Pendidikan Angkatan Laut (Kobangdikal).
 
Puslatdiksarmil merupakan tempat pertama penggodokan "kawah candradimuka" para calon prajurit matra laut baik pendidikan pertama (Dikma) maupun pendidikan Pembentukan (Diktuk) dan latihan dasar kemiliteran bagi PNS TNI AL.
 
"Pemilihan tempat di Puslatdiksarmil Kobangdikal Juanda adalah pilihan tepat, mengingat pelatihan akan diikuti oleh ribuan orang, dan Kobangdikal sebagai lemdiknya TNI AL memiliki sarana, prasarana lengkap dengan didukung para pelatih handal yang sudah terbiasa menangani ribuan orang untuk dilatih dan dididik," terang Rektor Adi Buana.
 
Kegiatan yang direncanakan dimulai pada bulan Juni nanti itu, akan diikuti 5.000 guru se-Jatim yang pelaksanaannya akan di bagi kedalam 12 gelombang. Satu gelombang terdiri dari  350 peserta dengan waktu 10 hari per gelombang. Dari 5.000 guru tersebut, peserta berasal dari guru TK, SD, SMP dan SMA.
 
Mensikapi hal tersebut Komandan Kobangdikal Laksamana Muda TNI Djoko Teguh Wahojo menyambut baik rencana penggunaan Puslatdiksarmil Kobangdikal sebagai tempat pelaksanaan penataran dan sertifikasi guru. Menurutnya, TNI AL dalam hal ini Kobangdikal selalu terbuka siap membantu pelaksanaan kegiatan terebut.
 
"Sebagai institusi yang sama-sama bergerak dalam dunia Kependidikan, Kobangdikal sangat mendukung kegiatan tersebut. Apalagi ini berkaitan dengan  peningkatan kualitas SDM para guru, yang nota bene sebagai garda terdepan dalam mendidik generasi muda bangsa ini," terang laksamana bintang dua asal Kulon Progo tersebut.
 
Hadir dalam acara tersebut para petinggi Universitas Adi Buana, diantaranya Dr Hartono, M Si Wakil Rektor I,  Drs Pungut Asmoro, wakil Rektor III dan Drs Widodo, Wakil Rektor IV. Sedangkan dari Kobangdikal hadir Direktur Pendidikan (Dirdik) Kolonel Laut (P) Hadi Susilo, Direktur  Personil (Dirpers) Kolonel Laut (E) Catur Budi Susanto, Kepala Kelompok Tenaga Pendidik (Kapokgadik) Kolonel laut (P) Chairil Hapri, dan Komandan Puslatdiksarmil Kolonel Marinir Suaf Yani Hardani. (Mayor Laut (KH) Rohman Arif/Mar)

Mayor Laut (KH) Rohman Arif adalah Kepala Bagian Penerangan Kobangdikal, Surabaya yang bisa dihubungi di Web Kobangdikal: kobangdikal.mil.id. E-mail penkobangdikal@yahoo.co.id. Ia juga adalah seorang pewarta warga.

Anda juga bisa mengirimkan artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas atau opini anda tentang politik, kesehatan, keuangan, wisata, social media dan lainnya ke citizen6@liputan6.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.