Sukses

Kasum TNI Tinjau Kesiapan Latgab TNI

Kasum TNI Boy Syahril Qamar melakukan peninjauan dan pengecekan secara langsung kesiapan lokasi yang akan digunakan sebagai tempat Latgab TNI 2013, di Pusat Latihan Tempur (Puslatpur) Korps Marinir, Baluran, Karang Tekok, Asem Bagus, Situbondo, Jawa Timur.

Citizen6, Situbondo: Kepala Staf Umum (Kasum) TNI selaku Direktur Latihan Gabungan (Dirlatgab) TNI 2013 Marsekal Madya TNI Boy Syahril Qamar melakukan peninjauan dan pengecekan secara langsung kesiapan lokasi yang akan digunakan sebagai ajang latihan pertempuran serta kesiapan daerah latihan dan fasilitas yang ada sebelum digunakan sebagai tempat Latihan Gabungan (Latgab) TNI tahun 2013, di Pusat Latihan Tempur (Puslatpur) Korps Marinir, Baluran, Karang Tekok, Asem Bagus, Situbondo, Jawa Timur.
 
Dalam kunjungannya Senin 29 April 2013, Jenderal berbintang tiga itu didampingi Pangkostrad selaku Panglima Komando Gabungan (Pangkogab) Letjen TNI M. Munir, Dankodiklat TNI selaku Wakil Direktur Latihan Gabungan (Wadirlatgab) Mayjen TNI Chaidir Serunting Sakti, dan Komandan Pasmar 1 selaku Komandan Pasukan Pendarat (Danpasrat) Brigjen TNI Siswoyo Hari Santoso.
 
Kedatangan orang  nomor dua di jajaran TNI beserta rombongan dengan menggunakan Helly Super Puma TNI AU bernomor 3215 tersebut disambut oleh Komandan Puslatpur Baluran Letkol Marinir Agus Gunawan, di pos Marinir pantai Banongan, Asembagus, Situbondo Jawa Timur.
 
Pada kesempatan tersebut, Kasum TNI beserta rombongan mengecek langsung situasi dan kondisi pantai Banongan dan sekitarnya yang akan digunakan sebagai tempat pendaratan Amfibi, pengecekan pembangunan pos tinjau dan renovasi menara tinjau serta peninjauan  ke Mess Keris Samudra yang rencananya juga akan digunakan sebagai sarana pendukung dalam Latgab TNI 2013.
 
Rangkaian kegiatan dilanjutkan dengan  mengunjungi  Mako Puslatpurmar Baluran, setelah sebelumnya melakukan peninjauan di ketinggian tersier 12 (T12), yang rencana akan digunakan sebagai tempat untuk manuver pasukan beserta alutsistanya. Sebelumnya di hari yang sama, Kasum TNI juga melaksanakan peninjauan kesiapan unsur laut dalam rangka pelaksanaan Latgab TNI Tahun 2013 di Dermaga Ujung Komando Armada RI Kawasan Timur (Koarmatim).

Dalam kesempatan tersebut, Kasum TNI melakukan pengecekan ke KRI Makassar-590. KRI jenis Landing Platform Dock ini rencananya akan membawa Presiden RI, Susilo Bambang Yudhoyono dan para pejabat RI bergeser dari Surabaya menuju ke Asembagus, Situbondo untuk menyaksikan secara langsung Latihan Pendahuluan Latihan Gabungan Operasi Pendaratan Amfibi.

Personil yang terlibat dalam Latgab TNI kali ini berjumlah 16.745 prajurit, dengan didukung berbagai material tempur yang dimiliki TNI, antara lain : TNI AD mengerahkan 14 Tank Scorpio, 5 Stormer APC, 2 Stormer Co, 13 unit Tank AMX, 21 Pucuk Meriam (Mer), 12 Hely Mi 17, 12 Helly Bel dan 3 Bolco. TNI AL mengerahkan 36 KRI, 17 Unit BMP-3F, 33 BTR-50, 6 Kapa K-61, 2 Unit RM-70 Grad, 7 Unit LVT-7A1, 2 Unit BVP-2, 3 Kasa dan 5 Helly Bel. Sementara TNI AU mengerahkan 5 Pesawat Tempur SU-27/30, 5 Hawk SPO, 5 Unit F-16, 5 Unit Hawk PBR, 11 Pesawat C-130 HS/H/B, 1 Pesawat C-130 BT, 2 Pesawat Intai B-737, 2 Pesawat C-212 Cassa, 2 Unit Cn-235, 1 Unit Cn-235 MPA, 2 Helly-332/Sa-330, dan 4 Helly Colibri EC-120. (Badarudin Bakri/YSH)

Badarudin Bakri adalah pewarta berita

Anda juga bisa mengirimkan artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas atau opini anda tentang politik, kesehatan, keuangan, wisata, social media dan lainnya ke citizen6@liputan6.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini