Sukses

Kejuaraan Nasional Hardikal Triathlon Sukses Digelar

Kejuaraan Nasioanal Hardikal Triathlon 2013 yang diselenggarakan Komando Pengembangan dan Pendidikan TNI AL (Kobangdikal) berhasil diselenggarakan.

Citizen6, Surabaya: Kejuaraan Nasional Hardikal Triathlon 2013 yang diselenggarakan Komando Pengembangan dan Pendidikan TNI AL (Kobangdikal) berhasil diselenggarakan.

Kejuaraan yang digelar untuk memperingati Hari Pendidikan Angkatan Laut (Hardikal) ke-67 tersebut, tak lepas dari peran dan kerjasama berbagai pihak yang mendukung ajang prestasi ini.

"Tanpa bantuan dan kerjasama yang baik semua pihak terkait, event nasional ini tidak akan menuai kesuksesan," kata Komandan Kobangdikal Laksda TNI Djoko Teguh Wahojo pada apel gabungan yang dihadiri ribuan prajurit, PNS dan prajurit siswa Kobangdikal yang digelar di Lapangan Laut Maluku, Bumimoro, Senin (6/5/2013).

Kejurnas Triathlon yang hari minggu kemaren digelar, telah menggunakan beberapa lokasi berbeda dari ketiga cabang olahraga yang dilaksanakan secara simultan. Start renang berjarak 1500 meter, berada di lokasi tengah selat Madura dengan titik embarkasi dari dermaga Maduru Ujung, Komando Armada RI Kawasan Timur (Koarmatim).

Peserta yang berjumlah 182 atlet dan terdiri dari 42 umum dan 140 dari TNI ini, berenang memotong arus selat Madura menuju dermaga Pangkalan TNI Batu Poron. Kemudian dari dermaga Berth Trough Put (BTP) atau daya lalu dermaga, mereka bersepeda menuju Surabaya sejauh 40 Km melewati Jembatan Suramadu dan finish etape sepeda di Gedung Graha Samudera Bumimorom (GSB) Kobangdikal.

Dari GSB, peserta yang jumlahnya telah berkurang 1/3 dari jumlah start renang karena tidak mampu menyelesaikan tahap renang harus melakoni etape terakhir. Yaitu lari sejauh 10 Km mengelilingi Kobangdikal dan Akademi Angkatan Laut (AAL) untuk mencapai garis finish di Lapangan Laut Maluku Kobangdikal.

Djoko juga menambahkan tanpa persiapan, kerjasama, pengertian dan kegigihan panitia yang didukung instasi terkait,  seperti Kementrian Pekerjaan Umum (PU) dan jajarannya, Pemprov Jawa Timur (Jatim), Jasamarga, para sponsor, kepolisian di jajaran Polda Jatim, Satpol PP Bangkalan dan Surabaya, instansi terkait lainnya serta masyarakat kota Surabaya dan Bangkalan, seluruh rangkaian Kejurnas ini  tidak bisa terlaksana dengan baik.

"Terimakasih saya ucapkan kepada seluruh pihak baik instansi pemerintah pusat, provinsi dan kabupaten, para sponsor, panitia yang sudah bekerja keras jauh-jauh hari,  masyarakat kota bangkalan dan Surabaya serta para atlit dari seluruh Indonesi yang sudah berpartisipasi dalam lomba ini," terangnya. (Mayor Laut (KH) Rohman Arif/Mar)

Mayor Laut (KH) Rohman Arif adalah  Kepala Bagian Penerangan Kobangdikal (Kabagpen), Surabaya dan bisa dihubungi melalui Web Kobangdikal: kobangdikal.mil.id. E-mail penkobangdikal@yahoo.co.id. Ia juga seorang pewarta warga.

Anda juga bisa mengirimkan artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas atau opini anda tentang politik, kesehatan, keuangan, wisata, social media dan lainnya ke citizen6@liputan6.com



* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini