Sukses

38 Prajurit TNI Berhasil Masuki 'Daerah Musuh'

38 prajurit TNI yang terbagi dalam dua tim Pasukan Khusus TNI berhasil memasuki daerah Sangatta Kalimantan Timur dan Juwata Tarakan Kalimantan Utara yang dikuasai oleh musuh.

Citizen6, Kalimantan: Menggunakan pesawat Hercules C-130 TNI AU, 38 prajurit TNI yang terbagi dalam dua tim Pasukan Khusus TNI berhasil memasuki daerah Sangatta Kalimantan Timur dan Juwata Tarakan Kalimantan Utara yang dikuasai oleh musuh untuk melaksanakan terjun Kendali Depan Operasi Linud (KDOL)

Dengan terjun dari ketinggian 6.000 feet pada 00.30 WITA, Pasukan Khusus TNI pertama yang dipimpin oleh Kapten Psk Tobing berhasil mendarat dengan sempurna di daerah Sangatta, pada 6 Mei 2013. Selanjutnya disusul Pasukan Khusus TNI kedua yang dipimpin oleh Lettu Psk Risky Ramdani yang berhasil mendarat di Tarakan, pada pukul 01.00 WITA.
 
Penerjunan Pasukan Khusus TNI merupakan rangkaian kegiatan operasi militer dalam rangka menyiapkan Dropping Zone (DZ). Hal ini untuk memandu dan mengendalikan operasi Lintas Udara (Linud) di Sangatta dan Operasi Perebutan Pertahanan Pangkalan Udara (OP3U) di Tarakan yang dikuasai musuh.
 
Sesuai tugas dan tanggung jawabnya, tim KDOL akan melaksanakan tugas untuk menyiapkan Dropping Zone, penerjunan OP3U Komando Atas (Kogasudgab) di Tarakan, dan operasi Lintas Udara (Linud) di Sangatta untuk  membentuk tumpuan udara di daerah musuh. Kegiatan ini dalam rangka penggabungan unsur Komando Tugas Strategis Gabungan (Kogasratgab) untuk melaksanakan operasi darat lanjutan. Pelaksanaan terjun tim KDOL di Tarakan ditinjau langsung oleh Dankorpaskhas Marsda TNI Amarullah serta Danpuslat Kodiklat TNI Marsma TNI Harpin Ondeh.
 
Penerjunan Pasukan Khusus TNI di daerah Sangatta dan Tarakan ini merupakan rangkaian kegiatan Latihan Gabungan (Latgab) TNI 2013 yang dilaksanakan di berbagai wilayah di Indonesia seperti Asembagus Situbondo Jawa Timur, Sangatta Kalimantan Timur, Tarakan Kalimantan Utara dan Bima Nusa Tenggara Barat. (Badarudin Bakri/Mar)

Badarudin Bakri adalah pewarta warga.

Anda juga bisa mengirimkan artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas atau opini anda tentang politik, kesehatan, keuangan, wisata, social media dan lainnya ke citizen6@liputan6.com


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.