Sukses

Presiden SBY Buka 68th General Assembly and Congress 2013

Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono membuka pelaksanaan 68th General Assembly dan Congress CISM (Conseille International du Sport Militaire) atau sidang Dewan Olahraga Militer Internasional 2013.

Citizen6, Jakarta: Presiden Susilo Bambang Yudhoyono membuka pelaksanaan 68th General Assembly dan Congress CISM (Conseille International du Sport Militaire) atau sidang Dewan Olahraga Militer Internasional 2013 di Grand Ballroom Hotel Sultan Jakarta. Pada kesempatan tersebut, Presiden juga mendapatkan penghargaan "The Order Merit of Grand Cordon" atas citra positif, sekaligus peran aktif Indonesia dalam hal ini TNI, dalam mendukung organisasi CISM.

Acara yang digelar pada Senin 13 Mei 2013 sore ini diikuti oleh 133 delegasi negara peserta, yang berlangsung mulai 13-18 Mei 2013. Dengan agenda utama merumuskan dan menetapkan rencana strategis dan program tahunan, serta empat tahunan CISM. Forum ini juga merupakan wadah sosialisasi dan promosi CISM bagi perdamaian dunia, khususnya di kawasan Asia Tenggara dan Asia.

Dalam sambutannya, Presiden RI membagi 5 poin penting acara kejuaraan olahraga militer level internasional ini. Pertama, dengan olahraga anggota militer bisa menunjukan bakat dan minatnya. Olahraga bahkan tidak menjadi hobi saja namun pencapaian dengan adanya kejuaraan yang diselenggarakan. Kedua, karakter olahraga penting untuk menggali sportifitas dan semangat menyosialisasikan kesetaraan. Juga sebagai ajang latihan dalam tim nasional masing-masing.

Ketiga, olahraga bisa digunakan untuk menyampaikan pesan perdamaian, yang mana hal tersebut sejalan dengan motto CISM yaitu friendship through Sport. Keempat, olahraga juga menjadi promosi untuk pentingnya kesehatan apalagi sebagai militer, setiap anggota harus memiliki performa prima. Sedangkan poin kelima, ajang kejuaraan bisa menegaskan kesetaraan gender.

Dalam kesempatan yang sama, Presiden CISM, Hamad Kalkaba Malboum, dalam sambutannya menyatakan, militer Indonesia tidak hanya aktif ikut dalam kongres dan kejuaraan olahraga oleh CISM, namun juga dikenal aktif serta dalam tugas Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) dalam misi perdamaian.
 
Dalam konteks hubungan internasional, penetapan TNI dalam hal ini Komite Olahraga Militer Indonesia (KOMI) sebagai tuan rumah pelaksanaaan 68th General Assembly and Congress merupakan bentuk peran aktif TNI dalam mendukung organisasi olahraga militer dunia CISM. Yaitu melalui pengembangan dan pembinaan olahraga militer di forum internasional bagi kepentingan persahabatan dan perdamaian dunia dan mengirimkan kontingen Garuda dalam misi PBB yang telah dilaksanakan selama ini.

Selain itu, peran aktif TNI dalam keolahragaan militer internasional merupakan salah satu bentuk pembinaan organisasi dan personil untuk meningkatkan profil internasional TNI melalui peningkatan kapasitas personil dan prestasi olahraga TNI. Peran aktif ini selanjutnya diarahkan pada potensi TNI sebagai sumber atlet andalan nasional dalam rangka meningkatkan prestasi olahraga nasional di forum Sea Games, Asean Games dan Olympic Games.
 
Pembukaan Kongres ke-68 CISM ditandai dengan pemukulan gong oleh Presiden RI, didampingi Menhan Purnomo Yusgiantoro, Panglima TNI Laksamana TNI Agus Suhartono, Gubernur DKI Joko Wododo, dan Presiden CISM Kalbaba Malboum. (Ahmad Rohanda/Mar)

Ahmad Rohanda adalah pewarta warga.

Anda juga bisa mengirimkan artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas atau opini anda tentang politik, kesehatan, keuangan, wisata, social media dan lainnya ke citizen6@liputan6.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini