Sukses

TNI Gelar Pengobatan Gratis Bagi Masyarakat Sangatta

TNI menggelar Bakti Sosial Kesehatan berupa pengobatan dan pemasangan kontrasepsi Keluarga Berencana (KB) gratis bagi masyarakat disekitar daerah latihan Sangatta.

Citizen6, Kalimanta Timur: Dalam rangka mendukung pelaksanaan Latihan Gabungan (Latgab) TNI 2013 tingkat Divisi di Kalimantan Timur, TNI menggelar Bakti Sosial Kesehatan berupa pengobatan dan pemasangan kontrasepsi Keluarga Berencana (KB) gratis bagi masyarakat disekitar daerah latihan Sangatta. Hadir pada kesempatan ini Kepala Bidang Kesehatan Kabupaten Kutai Timur, Ny. Haryati, pejabat daerah setempat serta tokoh agama dan masyarakat Kutai Timur.  

Bertempat di Puskesmas Kaliorang, Kabupaten Kutai Timur, Kalimantan Timur, Senin 13 Mei 2013, kegiatan pengobatan gratis ini merupakan bentuk kepedulian TNI terhadap masyarakat, khususnya yang berada di daerah latihan dalam mendapatkan pelayanan kesehatan yang layak.
 
Kegiatan bakti KB kesehatan ini secara resmi dibuka oleh Komandan Kodim 0909/Sangatta Letkol Inf Husni mewakili Komandan Korem 091/ASN. Pelaksanaan tersebut mendapat respon positif dari masyarakat sekitar, terlihat dengan banyaknya masyarakat yang antusias datang berbondong-bondong untuk memeriksakan kesehatannya kepada petugas kesehatan gabungan TNI dengan tenaga medis dari pemerintah daerah setempat. Untuk pengobatan umum sebagian besar penyakit yang dikeluhkan oleh masyarakat sekitar adalah penyakit-penyakit ringan, seperti rematik (keluhan persendian), gatal-gatal, batuk, sakit gigi, dan radang.

Rencananya kegiatan ini akan dilaksanakan selama 2 hari, yaitu mulai 13 Mei hingga 14 Mei 2013 atas kerjasama TNI dengan Dinas Kesehatan Kutai Timur (Kutim) dan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi. Mereka akan mengerahkan 3 tim Kesehatan Gabungan TNI dari Kesdam VI/Mulawarman, Lanal Sangatta, Lanud Balikpapan, dan dari Tim Medis Puskesmas setempat. Sedangkan pelayanan KB dilaksanakan oleh tim medis dari BKKBN Provinsi Kalimantan Timur.

Komandan Korem 091/ASN Brigjen TNI Gadang Pambudi dalam amanatnya yang dibacakan Komandan Kodim mengatakan, pelaksanaan Bakti Sosial TNI KB Kesehatan ini memiliki makna yang sangat strategis. Karena selain membantu program pemerintah menuju masyarakat sehat, bahagia dan sejahtera juga untuk mewujudkan hubungan yang akrab dan kerjasama yang baik dengan masyarakat setempat guna terciptanya kemanunggalan TNI dengan rakyat. “Terbaik bagi rakyat, terbaik pula bagi TNI," tegasnya.
 
Pada kesempatan tersebut diserahkan pula bantuan berupa alat kesehatan dan alat kontrasepsi dari BKKBN kepada UPT Puskesmas Kaliorang dan Lanal Sangatta yang diserahkan langsung oleh Kepala BKKBN Provinsi Drs Jufri Yasin. (Badarudin Bakri/mar)

Badarudin Bakri adalah pewarta warga.

Anda juga bisa mengirimkan artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas atau opini anda tentang politik, kesehatan, keuangan, wisata, social media dan lainnya ke citizen6@liputan6.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini