Sukses

SMK KB Pusdikpal Cimahi Juara Lomba PBB Hardikal 2013

SMK KB Pusdikpal Cimahi, Jawa Barat berhasil merebut Juara Umum lomba PBB tingkat SMA SMK Se-Jawa Timur dalam rangka memperingati Hardikal ke-67.

Citizen6, Surabaya: Rupanya tidak sia-sia datang dari jauh, Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) KB Pusdikpal Cimahi, Jawa Barat berhasil merebut Juara Umum lomba Persatuan Baris Berbaris (PBB) Variasi, Formasi dan Yel-yel tingkat SMA SMK Se-Jawa Timur (Open) dalam rangka memperingati Hari Pendidikan TNI AL (Hardikal) ke-67 2013, yang digelar Kobangdikal.

Lomba yang dihelat di lapangan RE. Martadinata Kobangdikal, Bumimoro, Surabaya ini, diikuti 43 peserta. Kontestan dari Jawa Timur mendominasi dalam ajang perdana yang digelar Kobangdikal ini dengan 39 SMA/SMK, sementara  empat peserta lainnya berasal dari luar jatim yakni SMK KB Pusdikpal Cimahi Bandung, SMK Islamic Center Cirebon, SMK TI Pembangunan Cimahi Bandung dan SMKN 1 Purbalingga Jawa Tengah.

Ajang unjuk kebolehan kaula muda Indonesia yang bertajuk Putra Komando (Pasukan Unjuk keterampilan Paskibraka Kompetisi Anak Indonesia) ini, adalah ajang kompetisi pertama yang digelar Kobangdikal bagi masyarakat umum khususnya bagi siswa tingkat SMA sederajat memperebutkan thropy Komandan Kobangdikal, piagam  serta uang pembinaan.

Dengan berakhirnya lomba PBB tersebut maka juara Umum sekaligus juara 1 utama diraih SMK KB Pusdikpal Cimahi Bandung dengan raihan nilai 15.020 dan berhak mendapatkan Tropy Tetap dan uang pembinaan sebesar Rp 4,5 juta. Diurutan kedua diraih SMK TI Pembangunan Cimahi dengan nilai 14.970  dan berhak mendapatkan tropy dan uang permbinaan Rp 2,5 juta. Sedangan juara 3 Utama diraih SMAN 1 Soko Mojokerto setelah mendapatkan nilai 14.52,  berhak mendapatkan tropy dan uang pembinaan Rp 1,5 juta.

Untuk kategori Juara Madya, juara 1 diraih SMA N 1 Krian setelah memdapatkan nilai 14.480 berhak menadpatkan tropy dan uang pembinaan Rp 750 ribu, juara 2 SMK KAL 1 Surabaya nilai 14.520 mendapatkan uang pembinaan Rp 600 ribu dan juara 3 Madya SMK Negeri 5 Jember mendapatkan uang pembinaan Rp 500 ribu.

Sedangkan kategori Bina, juara 1 SMA N 1 Lamongan dengan nilai 14.350 menadapatkan tropy dan uang pembinaan Rp 450 ribu, juara 2 SMKN 1 Purbalingga Jawa Tengah nilai 14.240 dan uang pembinaan Rp 400 ribu sedangkan juara 3 diraih SMA N 3 Jombang dengan nilai 14.230 dan uang pembinaan Rp 300 ribu.

Kategori Mula juara 1 SMK N 10 Surabaya, Juara 2 SMA N 1 Kesamben Jombang, Juara 3 SMKN Jombang. Untuk kategori caraka juara 1 SMA Pasuruan, juara 2 SMKN 6 Surabaya, juara 3 SMK Penerbangan Sidoarjo.

Selain menadapatkan uang pembinaan dari penitia dalam kesempatan tersebut Dankobangdikal Laksda TNI Djoko Teguh Wahojo juga menyerahkan hadiah pembinaan kepada para pemenang masing-masing uang pembinaan sebesar Rp 1 juta. Menurut Djoko, dirinya merasa bangga dengan apa yang dikerjakan para generasi bangsa ini yakni melaksanakan kegiatan hal positif lomba PBB Variasi Formasi dan lomba yel-yel.

"Hal positif yang dilakukan generasi muda seperti inilah yang perlu dikembangkan. Karena dipundak generasi muda NKRI akan dialihkan dan dipertaruhkan, sukses dan terus semangat untuk mengisi diri bagi bangsa dan negara," pintanya. (Kobangdikal/YSH)

Anda juga bisa mengirimkan artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas atau opini anda tentang politik, kesehatan, keuangan, wisata, social media dan lainnya ke citizen6@liputan6.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini