Sukses

Cafe Air, Eksotika Malam di Sungai Kapuas

Obyek wisata Kota Pontianak sebenarnya sudah banyak dituangkan dalam beragam artikel wisata atau lainnya. Namun eksotika Kapuas, sungai yang terpanjang di Indonesia ini tak akan ada habisnya.

Citizen6, Pontianak: Obyek wisata Kota Pontianak sebenarnya sudah banyak dituangkan dalam beragam artikel wisata atau lainnya. Namun eksotika Kapuas, sungai yang terpanjang di Indonesia ini tak akan ada habisnya.

Keberadaan Kota Pontianak tak bisa dilepaskan dari sungai Kapuas yang mempunyai panjang 1.178 Km. Maka tak salah jika Kalimantan Barat menjadikan Sungai Kapuas menjadi logo daerah untuk Ibu Kota provinsinya yakni Kota Pontianak bersama satu sungai lainnya yakni Sungai Landak. Dikalangan lidah etnis Tionghoa, Ibu Kota Provinsi Kalimantan Barat ini juga dikenal dengan nama 坤甸 (Pinyin: Kūndiān). Tak cuma itu, hampir seluruh penduduk Kota Pontianak memahami dan menggunakan Bahasa Indonesia dalam berkomunikasi.

Namun bahasa ibu masing-masing juga umum digunakan, antara lain Bahasa Melayu Pontianak, Bahasa Tiociu, Bahasa Khek, dan bahasa daerah lainnya. Kota yang sebagian besar penduduknya memeluk agama Islam (75,4%) dan sisanya memeluk agama Budha (12%), Katolik (6,1%), Protestan (5%), Konghucu (1,3%), Hindu (0,1%) dan lainnya (0,1%) ini sudah sejak lama hidup serasi dalam keberagaman.

Selayaknya sebuah kota yang dianugrahi sungai nan panjang, Pontianak terus membenahi kawasan wisata water front city yang dimilikinya. Beberapa kawasan dibuat elok dengan penataan taman-taman dipinggir sungai serta perbaikan fasilitas umum yang juga tak luput dari perhatian pemerintah setempat. Seperti yang terlihat disepanjang sungai Kapuas sekarang, sebut saja seperti pelabuhan, dermaga-dermaga penyebrangan yang kini terus mengalami perbaikan.

Bagi anda dan keluarga yang ingin menikmati keindahan tepi sungai Kapuas dengan biaya yang sangat terjangkau, bisa menikmatinya dengan sekedar bersantai di sebuah taman yang sudah cukup dikenal oleh masyarakat setempat yakni Taman Alun Kapuas. Saat sore hingga malam hari tempat ini menjadi salah satu tempat favorit untuk sekedar duduk-duduk santai.

Di tempat ini pula banyak dimanfaatkan pedagang kaki lima serta asongan untuk menawarkan dagangannya. Ada beragam jajanan hingga souvenir Kota Pontianak yang bisa anda temukan disini dengan harga yang cukup terjangkau.Tidak hanya itu, pada-hari-hari tertentu di kawasan ini pula biasa diselenggarakan beragam acara, baik yang diadakan oleh pemerintah setempat maupun lainnya.

Begitu pula jika anda ingin menyusuri indahnya panorama malam dari tepian sungai Kapuas, dari Taman Alun Kapuas juga tersedia “cafe air” baik yang terapung maupun yang berjalan. Dengan merogoh Rp.10.000 / orang, anda akan dibawa jalan-jalan selama kurang lebih setengah jam menyusuri Sungai Kapuas dengan mengendarai kapal kayu ukuran sedang yang dihiasi lampu-lampu menawan. Tentu saja masih banyak lagi “letupan-letupan” menarik lainnya yang akan anda temukan saat menyusuri indahnya Sungai Kapuas nan eksotik ini. Selamat jalan-jalan dan nikmati keeksotikannya. (Topan Wahyudi Asri/ KW)

*Topan Wahyudi Asri

Anda juga bisa mengirimkan artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas atau opini anda tentang politik, kesehatan, keuangan, wisata, social media dan lainnya ke citizen6@liputan6.com


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini