Sukses

TNI 'Sapu' Bersih Musuh di Kalimantan Timur

Tentara Nasional Indonesia (TNI) berhasil merobohkan bendera Sonora dan mengibarkan kembali bendera Merah Putih.

Citizen6, Kalimantan Timur: Tentara Nasional Indonesia (TNI) berhasil merobohkan bendera Sonora dan mengibarkan kembali bendera Merah Putih. Mereka menang dalam pertempuran dan menyapu bersih musuh yang masih tersisa di sejumlah wilayah Kutai Timur, Kalimantan Timur (Kaltim) kemarin.
 
Penyerangan yang dilakukan pada waktu dini hari tersebut diawali pada pukul 04.00 WITA atau sekitar pukul 03.00 WIB. Batalyon 5 Korps Marinir melakukan Pendaratan Khusus (Ratsus) di P Senupak, kemudian pada pukul 05.00 WITA, Yonif Linud 501 melaksanakan perebutan jembatan sungai Rapak. Pada pukul 06.00, Batalyon Tim Pertempuran (BTP) 509 dan Kompi Mekanis melakukan Serangan Permukiman (Sermukim) di SP 3 Kaubun. Sedangkan pada jam yang sama, Yonif 1 Marinir melancarkan serangan dan merebut Garis Taraf (GT) 2 sasaran 4 yang terletak di Karvak 0901 (Maloy) dan sasaran 3 di Karvak 0308 (P. Sengkuang).
 
Dari seluruh serangan tersebut, ternyata masih ada sebagian musuh yang mencoba untuk melarikan diri ke Karvak 9528 (Sempayau), sehingga memaksa satu Kompi dari BTP 514 untuk melakukan pengejaran dengan menggunakan Operasi Mobil Udara (Mobud). Baku tembak pun tak dapat terelakkan, sehingga memaksa pasukan TNI untuk menembus kepala dan dada pemimpin tertinggi militer negara Sonora, Mayjen Ludwix  dengan berondongan peluru berkaliber 5,56 mm.
 
Dalam sekejab, seluruh sisa musuh dapat disapu bersih oleh para prajurit TNI. Sehingga pada pukul 09.00 WITA, Komandan Satuan Tugas Darat (Dansatgasrat), Komandan Satuan (Dansat) perkuatan lainnya, Komandan Yonif Linud 501 Mayor Inf Mulyo, serta Komandan Yonif 1 Korps Marinir Letkol Mar Teddy Yulianda Bakri melapor kepada Panglima Komando Tugas Darat Gabungan (Pangkogasratgab) Mayjen TNI Setyo Sularso bahwa operasi telah berhasil dilaksanakan.
 
Semua episode drama perang-perangan tersebut merupakan bagian dari skenario Latihan Gabungan (Latgab) TNI 2013 yang telah digelar di beberapa tempat. Antara lain di Asembagus Situbond-Jawa Timur, Sangatta- Kalimantan Timur, Tarakan-Kalimantan Utara, dan Bima-Nusa Tenggara Barat (NTB). Selain latihan perang darat  dan perang udara, TNI telah pula melancarkan latihan perang laut di laut Jawa dan laut Sulawesi.
 
Sejak dibuka pada 15 April yang lalu hingga kini, seluruh rangkain kegiatan Latgab TNI 2013 dapat berjalan dengan lancar dan tak ada satupun prajurit yang terluka maupun material tempur yang rusak atau hilang. (Badarudin Bakri/Mar)

Badarudin Bakri adalah pewarta warga.

Anda juga bisa mengirimkan artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas atau opini anda tentang politik, kesehatan, keuangan, wisata, social media dan lainnya ke citizen6@liputan6.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.