Sukses

Membuka Pelayanan Publik Via Jurnalisme Warga

Pelayan publik penting bagi peningkatan sumber daya manusia lebih baik. Salah satu cara peningkatan pelayanan publik adalah peningkatan kete

Citizen6, Bengkayang: Pelayan publik penting bagi peningkatan sumber daya manusia lebih baik. Salah satu cara peningkatan pelayanan publik adalah peningkatan keterlibatan warga dalam mengawasi pelaksanaanya. Salah satunya melalui pelatihan jurnalisme warga.

Pelatihan jurnalisme warga kembali dilaksanakan di Kabupaten Bengkayang, Kalimantan Barat. Kabupaten Bengkayang merupakan kabupaten yang berbatasan langsung dengan Negara Malaysia. Pelatihan ini diikuti peserta  berjumlah 14 orang yang berasal dari berbagai kalangan.  Antara lain, masyarakat adat, pelajar SMP, pelajar SMA, mahasiswa, dan lain sebagainya. 

Kegiatan ini terselenggara berkat kerja sama USAID-Indonesia, LPS AIR, Bappeda Kabupaten Bengkayang, dan KINERJA. Pelatihan berlangsung selama dua hari, 4 – 5 Juni 2013 di aula Mess Pemda Kabupaten Bengkayang. 

Fasilitator Daerah Kabupaten Bengkayang  untuk program media dari LPS AIR, Lusiana mengatakan ada dua isu yang bakal diangkat di wilayahnya.  “Isunya ada dua. Antara lain; kesehatan dan pendidikan Kepala Bidang Sosial Budaya Badan Perencanaan Pembanguan Daerah (Bappeda) Kabupaten Bengkayang, Heni Juniarti mengatakan, dengan dilaksanakannya kegiatan pelatihan jurnalisme warga ini, dapat mencerminkan bentuk dukungan pemerintah daerah terhadap program perbaikan layanan publik bidang media yakni keterbukaan informasi publik.

Dia berharap melalui kegiatan ini, peserta pelatihan lebih memahami prinsip-prinsip keterbukaan informasi publik.  “Baik itu dalam memberikan informasi maupun menerima informasi yang benar,” kata Heni.

Sebagai mana diketahui sesuai Undang – Undang Dasar  1945 sebagai dasar hukum tertinggi, menjamin hak setiap orang untuk mendapatkan informasi.  “Ini artinya negara wajib memenuhi hak tersebut. Akses informasi merupakan bagian dari hak asasi manusia (HAM) yang dijamin dan dilindungi konstitusi (UUD 1945),” ujar Heni. (Tim Jurnalisme Warga/kw)

Anda juga bisa mengirimkan artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas atau opini anda tentang politik, kesehatan, keuangan, wisata, social media dan lainnya ke citizen6@liputan6.com.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini