Sukses

Dankobangdikal Buka Naval Educations Expo 2013

Dankobangdikal Laksamana Muda TNI Djoko Teguh Wahojo membuka Naval Education Expo (NEE) 2013 di Atrium Rainbow Ground Level BG Junction.

Citizen6, Surabaya: Komandan Komando Pengembangan dan Pendidikan TNI AL (Dankobangdikal) Laksamana Muda TNI Djoko Teguh Wahojo membuka Naval Education Expo (NEE) 2013 yang dihelat di  Atrium Rainbow Ground Level BG Junction Surabaya. NEE atau pameran Pendidikan TNI AL 2013 ini masih berkaitan dengan peringatan Hari Pendidikan TNI AL (Hardikal) yang digelar setiap 12 Mei.

Banyak event yang di gelar dalam peringatan Hardikal ke-67ini, seperti bakti sosial, donor darah lomba Triathlon tingkat nasional, dan lain sebagainya. Event ini merupakan acara special dari Kobangdikal di hari jadinya tersebut dengan menggelar pameran pendidikan TNI AL dimana Kobangdikal sebagai salah satu lembaga pendidikan yang mencetak prajurit Matra Laut.

"Banyak hal yang bisa digelar di pameran tersebut, event Naval Educations Expo 2013  akan digelar sepekan mulai dari Senin,10-16 Juni 2013 mendatang," terang Djoko pada, Senin 10 Juni 2013.

Pameran pendidikan TNI AL yang mengusung tema "Penanaman Jiwa Bahari Guna Meningkatkan Karakter Bangsa" ini, bertujuan untuk lebih mendekatkan TNI AL dengan masyarakat. Khususnya Lembaga Pendidikan TNI AL sebagai tempat prajurit Mata Laut dibentuk dan dicetak yakni Kobangdikal, Akademi Angkatan Laut (AAL) dan Sekolah Staf dan Komando TNI AL (Seskoal).

Sementara itu Ketua Panitia NEE 2013  Kolonel Laut (E) Drs. Siswo Hadi Sumantri, yang juga Komandan STTAL ingi mengatakan bahwa pameran akan menampilkan 10 stand yang berasal dari beberapa pusat pendidikan yang ada di Kobangdikal, seperti stand Komando Pendidikan Dukungan Umum (Pusdikbamin, Pusdiklek, Pusdiktek, Pusdikkes, Pusdikpomal dan Puspeknubika), kemudian dari stand Komando Pendidikan Marinir (Infanteri, Kavaleri, Artileri dan Banpur).

Sekolah Khusus (Sesus) Kodikmar, akan berdiri sendiri dengan menampilkan kelengkapan dan persenjataan Pasukan Intai Amfibi yang digunakan di berbagai medan operasi. Begitu juga dengan Sekolah Pasukan Katak, akan memiliki stan tersendiri dengan menampilkan kelengkapan dan persenjataan yang dimiliki dan digunakan pasukan elit TNI AL ini dalam berbagai mendan penugasan.

Hal yang tak kalah menarik juga akan ditampilkan Stand Pusat Pendidikan Khusus Kodikopsla, yakni Sekolah kapal Selam dan Sekolah Selam TNI AL. Di stand ini akan ditampilkan berbagai replika dan kelengkapan lainnya yang digunakan awak kapal selam dan penyelam.

Di stand lainnya, ada  Sekolah Artileri, Sekolah Senjata Bawah Air dan Sekolah Navigasi Bahari yang berada di bawah Pusdik Pelaut. Kemudian Stand Pusat Latihan Elektronika  dan Pengendalian Senjata (Puslatlekdalsen) yang bergabung dengan Sekolah Penerbangan TNI AL, kemudian Stand Sekolah Tinggi Teknologi Angkatan Laut
(STTAL) dan stand Akademi Angkatan Laut.

Selain berbagai peralatan dan alat peraga yang ditampilkan stand peserta pameran, panitia juga akan menampilkan berabagai acara dan live musik seperti cheerleader/dancer, Band Kobangdikal, Campursari, Kolintang, Country dan penampilan Paskibraka SMK Indobaruna Surabaya.

Pengunjung pameran akan juga dihibur dengan berbagai atraksi demonstrasi ketangkasan dari prajurit Kobangdikal dan pasukan elit TNI AL (Taifib dan Paska) seperti, kolone senjata, bongkar pasang senjata, beladiri militer. Selain itu diadakan demonstrasi pasukan khusus dan atraksi lainnya yang menarik serta door price bagi pengunjung.

Hadir dalam pembukaan tersebut Wakil Komandan Kobangdikal Brigjen TNI Marinir Sturman Panjaitan, Komadan Kodikopsla Laksma TNI Aswad, Para Direktur Kobangdikal, Para Komandan Kodik, Para Komadan Pusdik, Ketua Gabungan Jalasenastri Kobangdikal Ny. Ida Djoko Teguh Wahojo beserta jajaran pengurus PG Jalasenastri kobangdikal lainnya. (Rohman Arif/YSH)

Rohman Arif adalah pewarta berita

Anda juga bisa mengirimkan artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas atau opini anda tentang politik, kesehatan, keuangan, wisata, social media dan lainnya ke citizen6@liputan6.com.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.