Sukses

6 Tips Membuat Meme

Bagaimana cara membuat gambar atau video meme? Berikut 6 tipsnya!

Citizen6, Jakarta: Bagi banyak orang, internet itu adalah mood booster. Karena di situlah terdapat banyak  pilihan jenis hiburan, baik musik, video, gambar, tulisan atau bahkan meme. Untuk yang terakhir ini memang bisa dibilang baru di sini.

Meme adalah karya yang dibuat berulang-ulang dalam berbagai macam jenis dan tersebar secara viral, melalui internet. Dan kemunculan social media seperti Facebook, Twitter, dan Path membuat meme ini lebih mudah tersebar.

Jadi misalnya ada satu foto kaleng biskuit yang logonya diubah lucu, kemudian di posting di Twitter. Lalu oleh beberapa orang diubah lagi, begitu seterusnya. Maka foto kaleng itu bisa disebut meme. Karya di sini tak sebatas gambar, tapi juga bisa video. Contohnya video Arya Wiguna yang sempat heboh beberapa waktu lalu.

Berikut 6 tips membuat meme:

1.    Cari gambar yang gampang dimengerti atau populer
Ini penting, soalnya jika gambar yang kita pilih itu tidak gampang dimengerti memenya bisa gagal. Dan akhirnya pesannya malah tidak sampai.

2.    Cari topik yang lagi hangat
Cari berita yang menarik untuk diangkat jadi meme, maka meme itu akan tersebar lebih cepat. Dan antusias yang lihat juga tinggi. Jika ingin mengangkat topik lama, usahain topik itu memang memorable banget, jadi orang-orang akan tetap paham.

3.    Bikin yang mudah dimengerti
Jangan membuat yang susah dimengerti karena malah akan membuat meme tersebut tidak tersebar dan akhirnya malah jadi garing. Sebisa mungkin buat yang bisa dimengerti banyak orang. Atau jika mau yang segmented, kirim meme itu ke orang-orang yang dituju saja, jangan ke khalayak umum.

4.    Bikin yang menghibur
Nah, ini tujuan utama kenapa kita membuat sebuah meme. Menghibur! Karena kalau tidak menghibur ya buat apa dibikin. Semakin banyak yang tertawa dan kepancing membuat juga itu berarti mememya sukses menghibur.

5.    Minta izin
Ini sedikit di wilayah abu-abu sih. Kalo kita pakai foto teman kita, sebisa mungkin ijin dulu boleh atau tidak kita jadikan meme. Kalau tidak kenal bagaimana izinnya? Makanya di poin sebelum ini sebisa mungkin bikin yang menghibur, jadi kalo kita tidak minta izin, dan orang yang gambarnya kita gunakan melihat jadi tidak marah, justru malah suka.

6.    Jangan mengandung SARA
Nah ini poin paling penting. Jangan pernah membuat meme yang bisa membuat orang yang melihat marah akibat bercandaan SARA.  Ingat, tujuan dari meme adalah untuk menghibur bukan menghasut. (Imandita/bnu)

*Imandita adalah pewarta warga yang bisa dihubungi di Twitter nya @imandita atau blognya di imandita.tumblr.com.

Anda juga bisa mengirimkan artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas atau opini anda tentang politik, kesehatan, keuangan, wisata, social media dan lainnya ke citizen6@liputan6.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini