Sukses

Kodam V/Brawijaya Bakti Sosial di Pacitan

Kodam V/Brawijaya selalu berkomitmen membantu masyarakat pra sejahtera khususnya di Jawa Timur.

Citizen6, Pacitan: Kodam V/Brawijaya selalu berkomitmen membantu masyarakat pra sejahtera khususnya di Jawa Timur. Hal itu merupakan salah satu kewajiban TNI selain fungsinya sebagai alat pertahanan negara. Berkaitan dengan itu Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI Ediwan Prabowo, S.IP. membuka bakti sosial pencanangan KB kesehatan, operasi katarak dan penghijauan pada hari Rabu (26/6) di Kabupaten Pacitan.

“TNI akan selalu bermitra dengan lintas sektoral untuk membantu masyarakat yang kurang beruntung, bukan hanya di Pacitan tetapi penduduk pra sejahtera yang masih dijumpai di wilayah Jawa Timur,” tegas Pangdam bintang dua ini.

Masyarakat miskin banyak yang takut memeriksakan kesehatannya karena tidak memiliki biaya ke dokter, permasalahan ini menjadi kewajiban pemerintah namun menuntut kepedulian dari semua pihak termasuk TNI.

Bakti sosial yang diselenggarakan Kodam V/Brawijaya antara lain pengobatan katarak untuk 213 pasien, pelayanan kesehatan umum dan gigi, khitanan masal sebanyak 115 anak serta layanan KB kerjasama dengan BKKBN provinsi sebanyak 200 aseptor.

Untuk gerakan penghijauan Kodam V/Brawijaya melakukan gerakan menanam pohon yang berlokasi di sekitar stadion dan pantai Pacitan serta sepanjang jalur lintas selatan sebanyak 2.800 batang pohon. Termasuk membagikan tanaman keras dan produktif untuk masyarakat sebanyak 10.000 batang. Selain kegiatan bakti sosial ini, Kodam V/Brawijaya masih melanjutkan program bedah rumah untuk Rymah Tidak Layak Huni (RTLH) kerjasama dengan pemerintah provinsi.

Disamping melibatkan personil Kodam V/Brawijaya, Korem, Kodim dan Koramil juga melibatkan dokter dan petugas kesehatan dari RSUD Pacitan termasuk tenaga pelayan KB dari Provinsi dan Pacitan. (Totok Sugiharto/kw)

*Totok Sugiharto adalah pewarta

Anda juga bisa mengirimkan artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas atau opini anda tentang politik, kesehatan, keuangan, wisata, social media dan lainnya ke citizen6@liputan6.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.