Sukses

Partisipasi Politik Warga Lengkongkulon Patut Ditiru

Dalam Pilkades yang berlangsung Minggu 30 Juni 2013, antusias masyarakat Desa Pagedengan, sangat tinggi dalam menentukan siapa pemimpinnya.

Citizen6,Tangerang: Partisipasi politik masyarakat Desa Lengkongkulon, Kecamatan Pagedengan, Kabupaten Tangerang, Banteng sangat tinggi dalam menentukan siapa pemimpinnya.

Hal ini disampaikan oleh Camat Pagedangan, Asep Suharman pada Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Lengkongkulon, Minggu 30 Juni 2013.

"Kondusivitas warga dalam Pilkades Lengkongkulon untuk menentukan siapa pemimpin desanya patut ditiru. Barometernya, tidak terjadi gesekan politik antar pendukung calon kades dan kegiatan berjalan ancar sesuai dengan schedule yang ditentukan," ucap Asep saat meninjau pelaksanaan Pilkades di wilayahnya. 

Hal yang sama juga dikatakan Ketua Panitia Pilkades Lengkongkulon, Syaiful Munir. Dalam Pilkades 2013 yang berlangsung pagi hingga siang kemarin, masyarakat terlhat antusias menggunakan hak pilihnya pada 2 calon Kades, yakni Mad Hasan dan M Paiz. Menurutnya, dari 4716 daftar pemilih tetap, sebanyak 3844 menggunakan hak pilihnya, sedangkan sisanya ada yang tidak hadir.

"Kerja sama kami membuat Pilkades selesai dengan tepat waktu. Sekitar 30-an tenaga panitia dari 24 RT dan 6 RW ditambah petugas desa dan kecamatan serta 20 petugas kepolisian dibantu ibu-ibu PKK bahu membahu untuk kesuksesan Pilkades. Kami menyiapkan 8 bilik suara dan 2 kotak suara yang membuat Pilkades berjalan lancar hingga penghitungan suara," ungkap Syaiful.

Ditambahkan Syaiful, warga yang datang sendiri maupun dijemput petugas mulai datang menyalurkan hak pilihnya pada pukul 07.00 WIB. Tepat pukul 13.00 WIB sebanyak 3844 atau sekitar 79% warga yang telah memilih salah satu dari dua calon Kades yang duduk di panggung yang disiapkan panitia. Kegiatan hanya rehat sejenak saat tiba waktu salat Zuhur.

Meski diwarnai hujan deras dan angin kencang seusai pemungutan suara, penghitungan suara pada pukul 13.30 WIB tetap berlangsung di bawah tenda. Seakan tak peduli terkena tetesan air hujan, antusias warga tetap terlihat saat menyaksikan penghitungan suara pada 2 papan yang masing-masing dilakukan oleh 6 petugas panitia Pilkades.

"Pilkades selesai pukul 15.30 WIB. Dengan persetujuan Hendra dan Dedih sebagai saksi panitia, akhirnya memutuskan M Paiz terpilih sebagai Kades terpilih. Mad Hasan memperoleh 342 suara dan M Paiz sebanyak 3439 suara. Selebihnya, surat suara tidak sah. Untuk pelantikan Kades terpilih kami menunggu komando dari pimpinan," terang Syaiful. (Edy Syahputra Tanjung/Mar)


Edy Syahputra Tanjung adalah pewarta warga.

Anda juga bisa mengirimkan artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas atau opini anda tentang politik, kesehatan, keuangan, wisata, social media dan lainnya ke citizen6@liputan6.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini