Sukses

RS Islam Klaten Menggelar Operasi Katarak Gratis

RS Islam Klaten bekerjasama dengan Persatuan Dokter Ahli Mata (PERDAMI) Yogyakarta menggelar kegiatan bakti sosial.

Citizen6, Klaten: Dalam rangkaian HUT ke - 27, RS Islam Klaten bekerjasama dengan Persatuan Dokter Ahli Mata (PERDAMI) Yogyakarta menggelar kegiatan bakti sosial berupa operasi katarak gratis. Kegiatan dilangsungkan di Instalasi Kamar Bedah lantai I. Tim Operasi merupakan Tim dari PERDAMI yang berjumlah 20 orang dibantu dengan dokter mata dan juga paramedis RS. Islam Klaten.

Sebelum pelaksanaan operasi dilakukan screening pasien terlebih dahulu pada 28 Juni 2013. Kegiatan dimulai dari pendaftaran yaitu dengan pemeriksaan oleh dr mata setempat, dimana pasien tinggal atau di RS. Islam Klaten. Screening pasien sendiri terdiri dari pemeriksaan fisik mata, tekanan darah, dan gula darah.

Dari hasil screening sebanyak 81 pasien dari jumlah peserta 101 pasien, ada 61 pasien yang memenuhi kriteria untuk dilakukan operasi katarak pada, Minggu 30 Juni 2013. Salah satu pasien mempunyai faktor resiko sehingga tidak bisa melakukan operasi di RS. Islam Klaten dan dirujuk ke RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta.

Sebagian besar pasien merupakan pasien kurang mampu yang berdomisili di Klaten dan beberapa berasal dari luar kabupaten Klaten. Kegiatan ini bertujuan untuk membantu warga masyarakat yang mengalami gangguan penglihatan berkaitan dengan katarak agar mata dapat berfungsi
kembali dengan baik sehingga diharapkan mereka dapat kembali beraktifitas dengan baik. (Agus Susanto/YSH)

Agus Susanto adalah pewarta berita

Anda juga bisa mengirimkan artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas atau opini anda tentang politik, kesehatan, keuangan, wisata, social media dan lainnya ke citizen6@liputan6.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini