Sukses

KKL 2 Geografi UGM Didik Mahasiswa Kerja di Lapangan

Fakultas Geografi Universitas Gadjah Mada (UGM) mengadakan kegiatan Kuliah Kerja Lapangan (KKL) 2 Jurusan Geografi LIngkungan di Pacitan.

Citizen6, Yogyakarta: Geografi merupakan sebuah ilmu yang memberikan pendidikan kepada mahasiswa khususnya di Fakultas Geografi Universitas Gadjah Mada (UGM) untuk dapat memberikan atau mengaplikasikan ilmu-ilmu yang didapatkan di kelas kepada masyarakat umum. Salah satunya dengan mengadakan kegiatan Kuliah Kerja Lapangan (KKL) 2 Jurusan Geografi Lingkungan yang mengangkat tema "Pengukuran Proses dan Hasil Proses" yang dilaksanakan pada Senin 24 Juni hingga Sabtu 29 Juni 2013 di Kabupaten Pacitan, Jawa Timur dan telah menyelesaikan Laporan KKL 2 tersebut pada 12 Juli 2013.

KKL ke-2 ini lebih bertujuan menerapkan konsep pengukuran terhadap gejala geosfer yang diteliti di lapangan. Di samping banyak permasalahan dalam masyarakat, di sana juga banyak terdapat potensi wilayah, potensi lingkungan maupun potensi budaya atau sosial yang menjanjikan keuntungan besar. Oleh karena itu KKL 2 lebih difokuskan pada pengenalan proses, pengamatan, pengukuran fisik, sosial ekonomi, serta sumber daya wilayah.

Proses yang dikaji dan diteliti adalah bagian dari fenomena geosfer, yaitu keadaan fisik dan keadaan sosial ekonomi. Dalam konteks pembangunan membutuhkan pengetahuan mengenai keadaan fisik dan sosial suatu wilayah. Pada proses penataan perencanaan maupun manajemen wilayah, hal itu tidak terlepas pada kedua aspek ini.  

Dasar dari proses pembangunan wilayah adalah pengetahuan mengenai aspek fisik dan sosial, dimana semua itu dikaji dalam geografi. Dalam mengkaji aspek-aspek tersebut, dapat direalisasikan dengan menggunakan berbagai pendekatan geografi, yaitu pendekatan keruangan (spatial approach), lingkungan (ecological approach), dan kompleks wilayah (regional complex approach).

"KKL 2 merupakan pembelajaran bagi mahasiswa Geografi di lapangan untuk mengetahui bagaimana cara pengukuran dan menganalisa hasil yang diperoleh tersebut. Sedangkan KKL 1 merupakan pengetahuan awal tentang bentuk lahan dan KKL 2 merupakan lanjutan dari KKL 1 tentang aplikasi ilmu di lapangan yang telah didapatkan di dalam kelas," ungkap Dr Suyono, Dosen Pembimbing KKL 2. (Setiyo Nugroho/Mar)

Setiyo Nugroho adalah pewarta warga dan juga mahasiswa dari Fakultas Geografi UGM.

Anda juga bisa mengirimkan artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas atau opini anda tentang politik, kesehatan, keuangan, wisata, social media dan lainnya ke citizen6@liputan6.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.