Sukses

SMP Negeri 1 Wonosari: MOPD Religius, Prestatif, dan Berkarakter

MOPD SMPN 1 Wonosari tahun pelajaran 2013/2014 dilaksanakan bertepatan dengan bulan ramadan dan berlangsung selama tiga hari.

Citizen6, Wonosari: Masa Orientasi Peserta Didik (MOPD) merupakan agenda rutin yang dilaksanakan sekolah di awal tahun ajaran baru. MOPD merupakan gerbang awal pengenalan dunia sekolah yang baru bagi peserta didik. Namun, ada yang sedikit berbeda dengan MOPD 2013 ini yaitu dilaksanakan bertepatan dengan bulan puasa ramadan. Hal inilah yang mendorong mahasiswa program Kuliah Kerja Nyata - Program Pengalaman Lapangan (KKN-PPL) SMP Negeri 1 Wonosari untuk ikut berpartisipasi menyukseskan program MOPD yang lebih religius dan berkarakter.

MOPD SMPN 1 Wonosari tahun pelajaran 2013/2014 dilaksanakan selama tiga hari, yaitu 15-17 Juli 2013. MOPD bertujuan untuk mengenalkan sekolah lebih dalam. Para peserta terlihat antusias para siswa baru yang mengikuti acara tersebut. Acara pembukaan MOPD dilakukan pada apel pagi yang dipimpin langsung Bapak Bambang Pracaya, selaku Kepala Sekolah.

Dalam sambutannya, beliau berpesan kepada siswa baru agar selalu bersemangat dalam belajar sesuai dengan jargon SMPN 1 Wonosari "Siap memacu prestasi!". Bersamaan dengan acara pembukaan ini, Kepala Sekolah juga menyatakan kebanggaannya terhadap salah satu siswanya, Putri Maulita Utami yang berhasil meraih juara harapan III nasional dalam ajang cipta puisi dan berharap siswa-siswa baru dapat mengikuti jejaknya untuk berprestasi.

Peserta MOPD berjumlah 167 siswa yang resmi menjadi peserta didik SMP N 1 Wonosari. Agenda MOPD hari pertama terdiri dari penyampaian materi Kebijakan Sekolah, Wawasan Wiyata Mandala, Motivasi Belajar, dan Ibadah Bersama. Pada acara Motivasi Belajar, panitia MOPD beserta mahasiswa KKN-PPL Universitas Negeri Yogyakarta 2013 dan Pengurus OSIS menghadirkan Ary Gunawan, mahasiswa Pendidikan IPA UNY yang merupakan aktivis Komunitas Pena Indonesia.

"Dengan adanya training Motivasi Belajar ini diharapkan dapat memotivasi siswa untuk selalu bersemangat dalam belajar guna meraih cita-cita yang mereka dambakan. Sejak awal masuk sekolah kami berharap nilai-nilai religiusitas dan nilai akademik dapat berjalan beriringan. IMTAQ harus sejalan dengan IPTEK" Terang Ominia Pratama, mahasiswa KKN-PPL jurusan Pendidikan IPA selaku penanggungjawab acara.

Training motivasi belajar ini dikemas semenarik dengan perpaduan materi dan games bersama peserta. Peserta diarahkan untuk menemukan jati dirinya dan dibangun orientasi masa depannya sesuai dengan minatnya. Nilai karakter dan religiusitas menjadi poin utama training motivasi yang dilaksanakan. "Saya menjadi tambah semangat belajar, untuk mencapai impian saya. Ternyata belajar bisa sambil bermain, asyik juga," demikian yang disampaikan salah seorang peserta MOPD, Fuji Yama Nawang.

Seusai ibadah bersama, para peserta diperkenankan pulang untuk mempersiapkan diri menjalani MOPD hari selanjutnya. "Harapannya MOPD kali ini betul-betul dapat memberikan kesadaran bagi siswa baru untuk tidak menyia-nyiakan kesempatan mereka untuk senantiasa belajar giat di sekolah ini. Mereka adalah siswa terpilih dari seleksi yang cukup ketat. Maklum, SMP N 1 Wonosari termasuk sekolah favorit, jadi banyak pendaftar yang ingin sekali bersekolah di sini," pungkas Ardiansyah, Ketua KKN PPL UNY di SMP Negeri 1 Wonosari. (Ary Gunawan/YSH)

Ary Gunawan adalah pewarta berita, dengan akun FB Edy Syahputra Tanjung.

Anda juga bisa mengirimkan artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas, Ramadan atau opini Anda tentang politik, kesehatan, keuangan, wisata, social media, kuliner dan lainnya ke citizen6@liputan6.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini