Sukses

Buruh Migran Indramayu Dukung Jumhur Hidayat Ikut Konvensi Capres

Ribuan buruh di Kabupaten Indramayu juga memberikan dukungan kepada tokoh muda Moh Jumhur Hidayat untuk mengikuti konvensi calon presiden.

Citizen6, Indramayu: Deklarasi dukungan kepada tokoh muda Moh Jumhur Hidayat untuk mengikuti konvensi calon presiden dari Partai Demokrat untuk Pemilu 2014 terus bergulir. Setelah deklarasi ribuan buruh di Jawa Barat, Jakarta, Riau, dan Sumatera Utara, giliran ribuan buruh di Kabupaten Indramayu juga memberikan dukungan untuk Kepala Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) itu.

Deklarasi mendukung Jumhur mengikuti konvensi tersebut dilakukan Persatuan Keluarga Buruh Migran Indonesia (PKBMI) Indramayu, Karang Taruna Tunas Muda serta Tokoh masyarakat Indramayu dan Pantura di Indramayu pada, Minggu 21 Juli 2013. "Kami bangga Bapak Mohamad Jumhur Hidayat sebagai figur tokoh nasional yang berasal dari kaum buruh dan telah membuktikan dirinya gigih dalam memperjuangkan peningkatan kesejahteraan serta perlindungan terhadap para Tenaga Kerja Indonesia di luar negeri," ungkap Ketua Persatuan Keluarga Buruh Migran Indonesia (PKBMI) Indramayu, Talan Anto Budianto.

Dukungan tersebut sebagai bentuk terima kasih buruh migran terhadap kiprah yang selama ini dilakukan Kepala BNP2TKI tersebut dalam meningkatkan derajat kehidupan kaum buruh migran Indonesia. "Kami mengajak semua pihak khususnya kalangan buruh migran untuk mendukung pencalonan Bapak Mohamad Jumhur Hidayat sebagai Calon Presiden Republik Indonesia dalam upaya mewujudkan kehidupan bangsa Indonesia yang lebih baik," katanya.

Tokoh Pemuda Indramayu, Surya, mengatakan dukungannya kepada Moh Jumhur Hidayat sebagai bagian dari kebanggaan terhadap figur Jumhur Hidayat yang merupakan tokoh muda nasional. "Sudah saatnya tokoh muda memimpin negeri ini," ungkapnya. Pernyataan deklarasi yang dibacakan di depan ribuan anggota PKBMI tersebut selanjutnya diserahkan kepada pengurus DPC Partai Demokrat Kabupaten Indramayu. Dalam acara tersebut, diisi juga dengan penayangan video profil Moh Jumhur Hidayat yang disambut antusias para peserta deklarasi.

Sebelumnya, pernyataan dukungan terhadap pencalonan Moh Jumhur Hidayat sebagai Capres juga telah dilakukan sejumlah kelompok masyarakat buruh seperti Aliansi Buruh Riau yang terdiri dari Konfederasi Serikat Buruh Sejahtera Indonesia (KSBSI), Gaspermindo, FPE (Federasi Pertambangan dan Energi) SBSI, NIKEUBA (Serikat Pekerja Niada Keuangan dan Perbankan) SBSI, Federasi Serikat Buruh KAMIPARHO (Pekerja Makanan Minuman Pariwisata dan Hotel) SBSI, serta FPKUI (Federasi Pekerja Konstruksi Umum Informal) SBSI.

Di Jakarta, dukungan terhadap pencalonan Jumhur Hidayat disampaikan sejumlah elemen buruh antara lain Serikat Pekerja Maritim Indonesia (SPMI) Pelabuhah Tanjung Priok, Serikat Pekerja Tenaga Kerja Bongkar Muat Indonesia (SPTKBMI) Jakarta Utara, Pimpinan Unit Kerja (PUK) Terminal Petikemas  Pelabuhan Tanjung Priok, Solidaritas Buruh Pelabuhan Indonesia (SBPI), dan Ikatan Komunitas Anak Priok (IKAPRI).

Sebelumnya, deklarasi yang sama juga dilakukan sejumlah elemen buruh di Gelanggang Olahraga KONI Jawa Barat yang diikuti ribuan anggota dan keluarga aliansi buruh dari Serikat Pekerja Nasional (SPN), Gabungan Serikat Pekerja Merdeka Indonesia (Gaspermindo), Serikat Pekerja Tekstil Sandang dan Kulit Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (SP TSK SPSI), Gabungan Organisasi Buruh Seluruh Indonesia (GOBSI), Konfederasi Serikat Buruh Seluruh Indonesia (KSBSI), Serikat Buruh Sejahtera Indonesia (SBSI) 1992, dan Serikat Pekerja Otomotif Indonesia (SPOI). (Toha Almansyur/YSH)


Anda juga bisa mengirimkan artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas, Ramadan atau opini Anda tentang politik, kesehatan, keuangan, wisata, social media, kuliner dan lainnya ke citizen6@liputan6.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini