Sukses

Harga Gas LPG 3 Kilogram di Takalar Tembus Rp 18 Ribu

Sejumlah pangkalan SPBU di Kabupaten Takalar, Provinsi Sulawesi Selatan kembali meresahkan warga. Pasalnya harga gas LPG tembus Rp 18 ribu

Citizen6, Takalar: Sejumlah pangkalan SPBU di Kabupaten Takalar, Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) kembali meresahkan warga. Pasalnya harga gas LPG 3 kilogram yang sebelumnya dijual dengan harga antara Rp 12.500 hingga Rp 13 ribu tembus di angka Rp 18 ribu per tabung.

Pasca kenaikan harga BBM di bulan suci Ramadan pun harga LPG 3 kilogram juga ikutan naik. Dengan kenaikan tersebut masyarakat kembali resah karena pihak pertamina tidak melakukan pengawasan terhadap agen penjual Gas LPG utamanya pada SPBU.

Terkait kondisi ini, warga Pattallassang, Daeng Bunga meminta kepada pihak pertamina agar melakukan operasi pada setiap pangkalan yang ada di Kabupaten Takalar. Menurutnya pemicu naiknya harga tersebut kurangnya pengawasan internal dari pihak pertamina."Kami sangat kaget dengan kenaikan tersebut," ungkapnya.

"Kemampuan daya beli masyarakat itu sangat rendah dan tidak bisa dikasih naik. Karena tidak ada instruksi dari pemerintah, jadi sangat riskan sekali kalau gas LPG 3 kilogram juga ikutan naik," tambahnya.

"Kami membeli gas LPG di eceran dengan harga antara Rp 17 ribu dan Rp 18 ribu. Jadi kami menduga pihak SPBU itu menjual ke pihak pengecer bukan Rp 13 ribu dari harga normal, tapi kemungkinan pengecer membelinya dengan harga Rp 14 ribu dan 15 ribu," jelasnya lagi.

Pengawas SPBU Pattallasang, Alias diruang kerjanya kemarin mengatakan,"Untuk penjualan gas LPG yang 3 kilogram kita jualkan kepada pihak pengecer dengan harga Rp 13 ribu. Kalau membeli banyak kita kontrinusi dengan harga Rp  12.500 ribu per tabungnya. Jadi kalau ada harga yang dijual sekitar Rp 18 ribu per tabungnya, itu urusan mereka yang jelasnya kata alias pihak pangkalan pertamina tetap kita jual sesuai dengan harga yang sudah ditetapkan oleh pihak pertamina regional Sulsel."

Di tempat terpisah, LSM Lambusi bagian investigasi, Sahabuddin Sijaya meminta pihak pertamina Sulsel supaya dilakukan pengawsan dan pemantauan secara profesional, apalagi harga saat ini sudah menembus Rp 18 ribu per tabung untuk gas LPG 3 kilogram.

"Kami meminta kepada pihak terkait supaya dilakukan pengawasan ke setiap SPBU, yang notabene sebagai agen penjual resmi," jelasnya.

Untuk itu kata Saijaya, apa yang dilakukan oleh pihak pertamina kami khawatir itu hanya staetmen pihak pengelola SPBU. "jadi semua SPBU supaya dilakukan pemeriksaan atau dilakukan operasi untuk menekan harga kenaikan gas LPG 3 kilogram," tegasnya. (Awing DJ/Mar).

Awing DJ adalah pewarta warga yang bisa dihubungi lewat akun facebooknya, Jaharuddin Awing.

Anda juga bisa mengirimkan artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas, Ramadan atau opini Anda tentang politik, kesehatan, keuangan, wisata, social media, kuliner dan lainnya ke citizen6@liputan6.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini