Sukses

6 Tips Move-On Setelah Patah Hati

Move-on mungkin sebuah kata yang terdengar sederhana tapi bukan sesuatu yang mudah dapat dilakukan jika sedang mengalami patah hati.

Citizen6, Jakarta: Semua orang pasti pernah mengalami patah hati, salah satunya putus cinta dari orang yang Anda sayang. Untuk melupakannya mungkin bukan hal yang mudah apalagi jika pacarannya sudah bertahun-tahun.

Ya, move-on mungkin sebuah kata yang terdengar sederhana tapi bukan sesuatu yang dengan mudah dapat dilakukan. Sulitnya move-on dapat berdampak pada kegalauan yang merenggut kebahagiaan Anda.

Banyak orang yang mengatakan belum bisa move-on dari mantan atau masa lalunya. Mungkin jika dicermati, Anda bukan belum bisa tetapi Anda belum melakukan. Karena move-on bukan sekedar untuk diucapkan, tetapi harus dengan niat disertai tindakan.

Berikut beberapa tips yang Anda dapat lakukan agar segera move-on dan bangkit kembali :

1.    Terima Kenyataan
Anda harus bisa menerima kenyataan bahwa hubungan Anda dan pasangan tidak bisa dilanjutkan. Jangan pernah mengemis cinta pada si mantan agar dapat kembali lagi.

2.    Luangkan waktu
Ini saatnya Anda untuk masa ‘penyembuhan’. Tumpahkan semua rasa sakit dan sedih Anda dengan menangis sepuasnya atau curahkan lewat tulisan. Tapi ingat, jangan menumpahkan semua perasaan Anda di media sosial karena itu akan menambah buruk masalah Anda! Ini juga saatnya Anda untuk membuang semua kenangan tentang mantan Anda, baik itu foto maupun benda, Anda bisa membuang atau menyumbangkannya.

3.    Putuskan Kontak
Putus bukan berarti Anda dan mantan harus menjadi musuh. Tapi ini bukan waktu yang tepat untuk Anda dan mantan memulai hubungan baru sebagai teman. Anda harus putuskan kontak dengan si mantan karena itu hanya akan membuat Anda sulit melupakan dia.

4.    Perbanyak Aktivitas
Putus bukan berarti Anda harus bersembunyi di kamar berhari-hari menyesali keadaan. It’s your time! Isi waktu Anda dengan aktivitas baru atau hobi Anda agar pikiran Anda tentang mantan bisa teralihkan. Anda juga dapat pergi berlibur bersama sahabat-sahabat Anda atau sekedar hang out ke tempat-tempat yang dapat memperbaiki suasana hati Anda.

5.    Perbanyak Teman
Ini waktunya Anda untuk memperbanyak teman baru di tempat-tempat yang Anda kunjungi. Perluaslah pergaulan Anda dan cobalah untuk membuka diri. Jangan sampai patah hati membuat Anda trauma dan menjauh serta menutup diri terutama dari lawan jenis.

6.    Kembali Merencanakan Tujuan Hidup Anda
Setelah putus, Anda harus mulai kembali memikirkan apa yang akan Anda lakukan ke depannya. Mulailah merencanakan hal-hal positif untuk tujuan hidup Anda. Dari pengalaman di masa lalu, Anda dapat mempelajari kesalahan dan memperbaikinya. (Arny Christika)

Arny Christika adalah pewarta warga

Anda juga bisa mengirimkan artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas, Ramadan atau opini Anda tentang politik, kesehatan, keuangan, wisata, social media, kuliner dan lainnya ke citizen6@liputan6.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini