Sukses

Keuskupan Maumere Bantu Korban Rokatenda

Pemerintah Kabupaten Sikka memberikan bantuan kepada para korban gunung api Rokatenda yang saat ini masih berada di tempat pengungsian.

Citizen6, Maumere: Gunung Rokatenda yang terketak di pulau Palue, kabupaten Sikka, Flores Nusa Tenggara Timur sejak beberapa bulan terakhir mengeluarkan debu vulkanik yang disertai gempa yang menyebabkan warga sejumlah desa di pulau yang terkenal dengan hasil lautnya itu harus mengungsi ke daerah yang lebih aman, seperti sekolah, gereja, atau kantor pemerintah setempat untuk mengungsi.

Pemerintah Kabupaten Sikka pun telah menyikapi ini dengan memberikan sejumlah bantuan. Ada pula elemen-elemen masyarakat yang membangun posko untuk memberikan bantuan kepada para korban gunung api Rokatenda yang saat ini masih berada di tempat pengungsian.

Dari pihak gereja, yakni melalui Caritas Keuskupan Maumere yang menggandeng posko kemanusiaan Paroki Uwa serta Paroki Lei, memberikan bantuan berupa 24 ton beras yang dibagikan ke 3 titik desa yang terkena dampak langsung letusan Gunung Api Rokatenda yang masih bertahan di Pulau Palue. Bantuan 24 ton beras ini didistribusikan kepada 3 desa, yakni Desa Lidi, Desa Nitung Lea, dan Desa Kesokeja yang masuk dalam wilayah Paroki Uwa dan Paroki Lei Palue.

Pembagian bantuan beras itu dilaksanakan dalam 3 gelombang, yakni gelombang pertama diperuntukan bagi Desa Nitung Lea sebanyak 6 ton yang dilaksanakan pada selasa 30 juli 2013. Gelombang kedua bantuan diperuntukan bagi Desa Lidi pada kamis 1 Agustus 2013 dengan jumlah 6 ton beras, dan bantuan ketiga pada Sabtu 3 Agustus 2013 yang diperuntukan bagi Desa Kesokeja sebanyak 6 ton beras. Bantuan Caritas Maumere ini merupakan bantuan yang datang dari Caritas Australia yang bekerjasama dengan Caritas Keuskupan Maumere serta Paroki Lei dan Paroki Uwa.

Pastor Emanuel Embu SVD, selaku Emergency Response Rokatenda Caritas Keuskupan Maumere mengatakan,
"Kiranya pemerintah mempercepat proses relokasi warga, agar kita memberikan respon yang lebih permanen. Kedua, jika keadaan memburuk maka kami akan tetap menghubungi mitra dan jaringan caritas untuk memberikan respon tanggap darurat kemanusiaan."

Ia pun menambahkan kepada semua pihak yang telah memberikan sumbangan solidaritas untuk warga Palue yang terkena dampak letusan Rokatenda baik secara lembaga maupun perorangan yang telah mempercayakan Caritas, untuk membagikan bantuan mereka kepada para pengungsi Rokatenda. (Fransiskus Pongky Seran/Mar)

Fransiskus Pongky Seran adalah pewarta warga dan bisa dihubungi di akun facebooknya pongqy_seran@yahoo.com.

Anda juga bisa mengirimkan artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas, Ramadan atau opini Anda tentang politik, kesehatan, keuangan, wisata, social media, kuliner dan lainnya ke citizen6@liputan6.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini